Video Assistant Referee atau dikenal juga dengan singkatan VAR. Siapa dari lo yang dengernya aja udah merasa kesal? Begitu emang yang dirasakan banyak penggemar Premier League musim ini.

Sebenarnya problem VAR ini udah ada sejak penerapannya musim lalu. Banyak banget keputusan yang malah menghasilkan drama tidak perlu di Premier League. Bahkan di musim sebelumnya FIFA sampai mengancam penyelenggara Premier League bakal mengambil alih kontrol VAR secara total.

Dari semua VAR yang terjadi musim ini, ada beberapa yang kontroversial banget sampe memicu perdebatan panjang setelah pertandingan selesai.

Offside Sadio Mane (Everton vs Liverpool)banner-ads


17 Oktober 2020 lalu jadi salah satu big match yang bikin fans Liverpool ngos-ngosan. Gak cuma berlangsung secara keras, beberapa pemain andalan mereka harus menepi karena cedera pada pertandingan tersebut. Terlebih Virgil Van Dijk yang harus menepi berbulan-bulan karena cedera ACL.

Tapi gak cuma kelakuan Pickford dan pemain lain yang bikin geram dari pertandingan tersebut, ada juga peran VAR yang bikin makin panas. Sadio Mane yang seharusnya dihitung mencatatkan sebuah gol menjelang menit akhir harus rela golnya dianulir oleh wasit. Saat itu VAR mengatakan bahwa Mane berdiri melebihi orang terakhir yang ada di garis pertahanan VAR. Padahal kalau dilihat pada tayangan ulang pun, operan tersebut dilakukan ketika Mane masih punya posisi sejajar dengan para bek tersebut

Penalti Bruno Fernandes (Brighton vs Manchester United)


Gak bisa dipungkiri bahwa keputusan wasit pada pertandingan satu ini tidak dapat diganggu gugat dan mengacu pada buku panduan dari FIFA. Namun buat banyak, orang melihat seorang pemain menendang penalti tapi setelah peluit panjang ditiup.

Handball Eric Dier (Tottenham vs Newcastle)


Pertandingan ini dilakukan pada tanggal 26 September 2020 lalu. Ini juga menyimpan satu momen VAR yang merugikan tim. Tottenham yang punya kesempatan menang malah harus puas menyelesaikan pertandingan dengan skor 1-1. Pada pertandingan tersebut Eric Dier mendapatkan ganjaran pelanggaran karena dianggap menyentuh bola dengan tangan. 

Momen apakah yang menurut lo seharusnya ada di sini, Bro?