Honda punya rencana besar ketika Jorge Lorenzo tiba-tiba memutuskan untuk pensiun sebagai pembalap pada akhir musim 2019 lalu. Mereka ingin menduetkan Marc dan sang adik, Alex Marquez yang pada musim tersebut baru aja juara di gelaran Moto2. Gak lama, keinginan tersebut terwujud dan duo Marquez jadi penunggang motor tim Repsol Honda.

banner-ads

Sayangnya, di awal musim yang mulainya tertunda ini, Alex Marquez gagal bersinar. Bahkan sang kakak langsung keluar dari kompetisi karena cedera parah yang dialaminya.

Namun perlahan tapi pasti, Alex yang punya nomor motor 73 itu membuktikan bahwa dirinya adalah pembalap yang mumpuni karena mampu back to back podium setelah menempati posisi ke-2 di GP LeMans dan GP Aragon.

Baca Juga: 13 Fakta Alex Marquez Pembalap Gresini Racing di MotoGP 2023

Sebagai pembalap muda yang penuh talenta, banyak hal yang menarik untuk digali dari Alex. Berikut ini adalah beberapa fakta menarik dari rider tersebut.

Masuk podium di wet race pertamanya

Seperti yang disebutkan barusan, Alex Marquez emang kelihatan masih berjuang untuk meraih podium. Alex baru bisa menunjukkan kehebatannya di GP LeMans yang penuh drama. Seri balapan di Prancis itu membuyarkan strategi para rider karena hujan tiba-tiba turun tiga menit sebelum balapan dimulai. Balapan pun dilanjutkan dengan kondisi jalanan basah alias wet race.

Banyak yang baru pertama kali melakukan balapan dalam keadaan basah termasuk Alex Marquez. Soalnya, GP LeMans 2020 jadi wet race pertama sejak GP Valencia pada tahun 2018 lalu. Gak disangka, Alex Marquez yang belum punya pengalaman balapan basah malah masuk podium pada seri ini. Momen tersebut juga jadi podium pertama buat Alex di kelas utama adu cepat roda dua ini.

Mungkin, emang berjodoh dengan Honda

Gelar juara pertamanya adalah ketika Alex berhasil memenangkan ajang Moto3 tahun 2014 dengan motor Honda sebagai tunggangannya. Dirinya berhasil mencatatkan 278 poin dari 18 balapan yang dijalani. Saat naik kelas ke Moto2, Alex emang ganti tunggangan dari Honda jadi Kalex, motor asal Jerman. Namun performa apiknya menunggangi motor dari Kalex Engineering di Moto2 bikin tim Repsol Honda kepincut merekrut dirinya untuk berduet dengan sang kakak. Kini, Alex Marquez kembali mencuri perhatian setelah menjalani balapan penuh drama di GP LeMans dan GP Aragon.

Jadi Rookie Of The Year tahun 2013

Darah juara mungkin emang mengalir di tubuh Marquez bersaudara. Ketika sang kakak menjadi rider terbaik tahun 2013 lalu, Alex Marquez juga mendapat gelar ‘Rookie Of The Year’ satu tahun sebelum dirinya jadi juara Moto3.

‘73’ Sebenarnya bukan nomor pilihannya

Sebelum debut di Moto2 tahun 2015 lalu, nomor balap Alex adalah ‘12’. Sayangnya saat itu doi harus langsung ganti nomor karena angka ‘12’ udah digunakan oleh Thomas Luthi. Akhirnya, nomor 73 dipilih hingga dirinya naik kelas ke MotoGP. Mungkin aja waktu naik ke kelas utama Alex Marquez juga ingin menggunakan angka 12 di motornya. Lagi-lagi nomor tersebut sudah digunakan dan kali ini yang menggunakannya adalah Maverick Vinales.

Kira-kira kejutan apa lagi ya yang bakal dihadirkan oleh dirinya di kelas tertinggi Grand Prix ini?