Piala Dunia alias FIFA World Cup jadi ajang yang paling ditunggu-tunggu para pecinta sepak bola seantero jagat. Gelaran ini bagaikan hajatan besar bagi penggemar olahraga si kulit bundar karena cuma diselenggarakan selama empat tahun sekali, Guys.

Tahun ini, edisi ke-22 Piala Dunia akan berlangsung di Qatar, tepatnya dari 2 November hingga 18 Desember mendatang. Namun perlu diketahui, FIFA World Cup 2022 dijamin bakal menjadi edisi Piala Dunia yang sangat berbeda dari yang pernah dihelat. Setidaknya ada 5 fakta yang membuat Piala Dunia 2022 Qatar jadi edisi FIFA World Cup paling unik dalam sejarah. Simak artikelnya sampai habis ya, Guys.

1. Kali Pertama Digelar pada Musim Dingin


Sejak Qatar ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, salah satu topik yang banyak diperbincangkan adalah kondisi cuaca di negara Timur Tengah itu. Di musim panas, Qatar mengalami suhu yang sangat tinggi, bisa mencapai hingga 50 derajat celcius. Kondisi itu jelas nggak memungkinkan buat menggelar pertandingan sepak bola. Demi mengatasi tantangan itu, jadwal Piala Dunia pun digeser. Untuk kali pertama dalam sejarah, FIFA World Cup akan berlangsung pada musim dingin alih-alih di musim panas.

Baca Juga: 4 Rekor yang Sulit Dipecahkan di Piala Dunia 2022



2. Stadion Rasa Pusat Perbelanjaan

Perubahan jadwal Piala Dunia 2022 dari musim panas ke musim dingin mungkin telah menjadi solusi untuk mengatasi tantangan cuaca panas di Qatar, Guys. Namun, suhu siang hari di Qatar selama musim dingin tidaklah seperti yang orang-orang bayangkan. Cuaca di negara beribu kota Doha itu masih tetap panas, meski tak separah ketika musim panas. Situasi itu bikin Qatar selaku tuan rumah putar otak. Mereka sepakat memasang pendingin udara (Air Conditioner/AC) di seluruh stadion demi memberi kenyamanan bagi penonton maupun pemain.

3. Jumlah Stadion Paling Sedikit
Piala Dunia selalu menjadi gelaran akbar bagi negara tuan rumah. Berbagai stadion yang tersebar di seantero negeri dibangun atau direnovasi demi menyambut turnamen sepak bola terbesar di dunia itu. Namun khusus Qatar, mereka tidak menyiapkan banyak stadion untuk Piala Dunia 2022 ini. Cuma ada delapan venue yang akan digunakan untuk menghelat seluruh pertandingan dari fase grup hingga final. Itu merupakan jumlah stadion terendah yang pernah dipakai untuk gelaran Piala Dunia dalam beberapa edisi terakhir. Sebelumnya, ada Argentina yang menghelat ajang ini dengan enam stadion saja pada 1978.

4. Piala Dunia Termahal dalam Sejarah
Qatar dikabarkan telah menghabiskan 200 miliar dolar AS untuk Piala Dunia 2022. Biaya itu mencakup pembangunan infrastruktur seperti stadion, jalan raya, hotel dan fasilitas lainnya. Biaya selangit harus dikeluarkan Qatar mengingat mereka cuma merenovasi satu stadion saja sementara tujuh lainnya dibangun khusus untuk menyambut Piala Dunia 2022. Besarnya biaya yang dikeluarkan membuat Piala Dunia 2022 Qatar menjadi edisi FIFA World Cup termahal dalam sejarah.

5. Pembatasan Minuman Beralkohol

Sebagai negara mayoritas muslim, Qatar cukup sensitif dengan topik minuman beralkohol di Piala Dunia 2022. Meski demikian, mereka tidak melarang sepenuhnya tetapi bakal melakukan pembatasan.

Peredaran alkohol di dalam stadion kemungkinan tidak diperbolehkan oleh pemerintah Qatar. Solusinya, pihak panitia akan menyiapkan Fan Zone di kawasan luar stadion yang bakal menyajikan minuman beralkohol dengan harga murah.