Pandemi ternyata gak bikin bursa transfer ngasih banyak kejutan musim ini. Ada beberapa kepindahan tak terduga dan drama yang terjadi sejak musim musim lalu berakhir.

banner-ads

Masih segar dalam ingatan bagaimana Messi selalu dihubungkan ke klub-klub Inggris terutama Manchester City. Namun drama itu selesai dengan sebuah kesepakatan yang bikin Messi tetap bertahan di Barcelona. Meski kontraknya habis musim depan, kemungkinan drama ini kembali terjadi di bursa transfer yang akan datang.

Lalu ada kepindahan mengejutkan dari Luis Suarez. Striker asal Uruguay ini asalnya dikabarkan bakal pindah ke Juventus, tapi karena beberapa faktor, hal tersebut gagal terjadi. Kini dirinya malah pindah ke Atletico Madrid yang jadi rival berat papan atas dalam satu dekade terakhir. Ini bikin skuad Atletico tambah mewah dengan jajaran pemain-pemain mahal kelas atas di dalamnya.

Bicara soal mahal nih Bro, kira-kira tim mana ya yang punya nilai paling tinggi di dunia saat ini?

Liverpool
986.7 juta pounds


Dengan tambahan beberapa pemain, Liverpool masih berada di puncak daftar klub dengan nilai total paling tinggi di dunia. Nilai tinggi ini didapat karena banyak dari pemain mereka yang mengalami kenaikan market value secara drastis setelah membantu timnya juara Liga Champions tahun lalu dan juga juara Liga Inggris musim ini. Selain paling mahal, mereka juga kayaknya masih konsisten jadi pesaing juara musim ini.

Manchester City
933.1 juta pounds


Pesaing terdekat Liverpool di tingkat domestik maupun tingkat Eropa ini juga jadi saingan terdekat dalam urusan nilai jual skuad. Dengan belanja yang semakin gila seperti membeli Nathan Ake seharga 40 juta pounds, nilai skuad Manchester City juga makin melambung.

Barcelona
910.3 juta pounds


Dengan aset terbaik mereka bertahan di klub dan kembalinya Philippe Coutinho dari masa pinjaman di Bayern Munchen, Barcelona kokoh di tiga besar klub dengan nilai pemain paling mahal saat ini.

Chelsea
825.9 juta pounds


Setelah mengalami hukuman larangan jual beli pemain di bursa transfer, Chelsea langsung ‘ngegas’ dengan beli beberapa pemain bintang sekaligus seperti Timo Werner, Kai Havertz, dan Thiago Silva. Ini membuat nilai secara total tim ini masuk 5 besar yang termahal di dunia.

Real Madrid
789.5 juta pounds


Real Madrid yang biasanya ada di tiga teratas skuad termahal kini merosot ke posisi 5 karena udah jarang beli pemain dengan harga selangit. Bahkan pemain termahal mereka, Gareth Bale kini pindah ke Tottenham Hotspur dengan status pinjaman dan bikin nilai skuad asuhan Zinedine Zidane berkurang lumayan drastis.