Beberapa waktu lalu, Barcelona melakukan transfer besar yang sebenarnya gak mengejutkan banyak pihak. Antoine Griezmann bergabung dengan Barcelona dan udah mulai berlatih bersama skuad sejak 14 Juli lalu. Tapi Bro, menurut kabar transfernya ini kontroversial.

banner-ads

Griezmann dianggap udah “deal” dengan pihak Barca sebelum tanggal 1 Juli sehingga klausul pembelian harusnya aktif. Dengan kata lain, Barca dianggap mengakali harga Griezmann dengan diam-diam melakukan persetujuan pribadi dengan sang pemain.

Tapi Bro, masih ada 4 transfer kontroversial lain yang dilakukan oleh tim yang bermarkas di Camp Nou tersebut. Bahkan hal tersebut dilakukan hanya dalam beberapa tahun terakhir.

Berikut ini gue rangkum transfer-transfer kontroversial tersebut.

 

Malcom

Cerita transfer pemain satu ini sempat bikin heboh dunia sepakbola, Bro. Gimana enggak? Malcom yang saat itu udah mau terbang ke Roma untuk menyelesaikan kontrak bersama AS Roma, tiba-tiba dicegat dan disuruh untuk terbang ke Spanyol. Tentu aja AS Roma yang udah menanti kedatangan Malcom saat itu merasa murka dan “pembajakan” pemain dianggap gak etis.

 

Philippe Coutinho

Sebelum kepergiannya ke Barcelona, Coutinho sempat bikin ulah di Liverpool. Meski tim udah secara resmi merilis pernyataan bahwa Coutinho gak bakal dijual, Doi tetap minta dijual dan malah mogok latihan serta mogok bermain saat pra-musim 2017/2018. Pada akhirnya dirinya dilepas pada bulan Januari 2018 dan memecahkan rekor transfer Liverpool.

 

Ousmane Dembele

Hal yang sama dilakukan Ousmane Dembele seperti sebelum kepindahan Coutinho. Dirinya mogok latihan bahkan mau memaksakan perjalanan ke Spanyol untuk menyelesaikan proses transfer. Dortmund yang mengambil tindakan dengan memasang harga 100 juta Euro ternyata gak berhasil dan Barca malah menebus lebih mahal dari itu.

 

Neymar

Pada 2014, kantor kejaksaan Madrid menyelidiki biaya transfer Neymar ke Barcelona yang bikin presiden klub saat itu, Sandro Rosell mengundurkan diri. Beberapa hari kemudian dari penyelidikan tersebut mengungkap biaya transfer Neymar mendekati 100 juta Euro, bukan 57,6 juta Euro seperti yang dilaporkan. Barca melakukan penipuan pajak dan Neymar melanggar kontraknya dengan Santos saat kepindahan tersebut.

Ternyata selain mahal, transfer pemain antar klub itu ribet juga ya, Bro?