Portimao membuka pintunya untuk pertama kalinya buat rider MotoGP. Hari ini dan besok akan ada dua hari pengujian di trek Portugal yang bakal dipakai sebagai penutup kejuaraan pada 22 November.banner-ads

Tes ini tidak hanya akan digunakan oleh tim untuk mengumpulkan data, tetapi juga oleh Michelin untuk memutuskan ban mana yang akan dibawa untuk Grand Prix.

Apalagi, hari ini adalah hari yang lebih istimewa. Sebab bersamaan dengan penguji resmi prototipe, ada juga pembalap. Tetapi para rider MotoGP memakai motor superbike, karena tes MotoGP tidak resmi dilarang untuk mereka.

Satu-satunya pengecualian dalam kasus ini adalah untuk Aprilia. Mereka satu-satunya pabrikan yang masih memiliki konsesi dan karenanya dapat menurunkan pengendara pabriknya.

Aleix Espargaro dan Bradley Smith berada dengan RS-GP. Lalu bakal meninggalkan pekerjaan di tangan Lorenzo Savadori besok.



Espargarò juga menjadi pembalap tercepat setelah empat jam pertama pengujian, dengan catatan waktu 1'40 "880 dan menyelesaikan 42 lap. Sebagai referensi, di SBK Jonathan Rea mencetak pole position dengan waktu 1’40 "373.

Kelas motor yang dipakai tentu saja berbeda. Meski catatan waktu Aleix Espargaro itu diraih lebih lambat ketimbang juara WSBK dari Kawasaki tersebut.

Di belakang Espargarò ada Michele Pirro dengan Ducati, hampir 8 persepuluh detik, sementara Bradley Smith dengan Aprilia lainnya lebih dari satu detik di belakang.

Stefan Bradl bersama Honda menghabiskan 48 putaran, di depan Sylvain Guintoli, test driver Suzuki. Tempat keenam untuk Dani Pedrosa dengan KTM, yang berkeliling sebanyak 47 putaran.

Jorge Lorenzo juga berada di lintasan, setelah puasa mengendarai MotoGP sejak pengujian di Sepang pada musim lalu. Lorenzo ingin menghindari jatuh dan menggunakan seluruh waktu untuk kembali terbiasa dengan M1. Dia finis ke-8, di belakang Miguel Oliveira dan di depan Brad Binder, yang menggunakan superbike.