Pandemi virus corona telah menghapus paruh pertama dari kalender MotoGP 2020, dengan TT Belanda di Assen yang dibatalkan. Sebagai pengganti dari balap dunia nyata, MotoGP telah menjalankan dua virtual #StayAtHomeGP pada video game MotoGP 19.banner-ads

Mereka sebelumnya menampilkan 10 grid pembalap MotoGP saat ini di Mugello dan 11 di Red Bull Ring. Daftar bintang termasuk juara dunia Marc Marquez, juara tujuh kali kelas premier Valentino Rossi, dan 2019 rookie sensation Fabio Quartararo.

MotoGP terus maju dengan rencana balapan virtualnya, meskipun akan diperluas untuk akhir pekan 3 Mei yang semula dijadwalkan untuk menjadi tuan rumah Grand Prix Spanyol di Jerez.



Dalam siaran pers dari promotor MotoGP Dorna Sports, acara ini adalah untuk menunjukkan solidaritas dalam bantuan amal MotoGP, Two Wheels for Life, mendukung upaya dalam perjuangan melawan COVID-19.

Di kelas MotoGP, ke-11 tim masing-masing dapat menurunkan satu pembalap, dengan pengecualian dari skuad pabrikan Honda, yang dapat menurunkan Marc dan Alex Marquez, karena Marquez penyandang juara dunia.

Untuk pertama kalinya, acara ini juga akan menampilkan kelas Moto2 dan Moto3. Untuk kedua kelas, 10 pembalap dapat dimasukkan ke dalam perlombaan, dengan hak masuk diberikan berdasarkan urutan kejuaraan setelah Grand Prix Qatar bulan lalu.