Yamaha pernah jadi korban setelah mengalami masalah katup di pembukaan musim lalu. Maverick Vinales jadi korban karena harus memulai dari pit lane di balapan Valencia setelah memakai mesin keenam, dari lima penggunaan maksimal.
Untungnya, pembukaan MotoGP 2021 berlalu tanpa drama seperti itu. Sebagian besar pembalap MotoGP telah menggunakan 4 dari 7 mesin mereka untuk musim ini.
Baca Juga: Vinales Ke Suzuki Atau Ducati?
Pol Espargaro dari Repsol Honda dan Franco Morbidelli dari Petronas Yamaha, memakai 3 mesin selama 9 putaran.
Rins sebagai satu-satunya pembalap yang kehilangan dua mesin sejauh ini, dengan mesin GSX-RR nomor 3 dan 4-nya ditarik dari paddock. Alasannya, mesin itu kurang oke sehingga harus melakukan bagian elektronik. Tapi, Rins justru 'membuang' lalu memilih kembali ke mesin 1 dan 2, yang dipakai saat pembukaan musim.
Berbeda dengan Aprilia, yang masih memiliki akses ke konsesi teknis. Mereka diperbolehkan membuat 9 perubahan mesin untuk setiap rider serta modifikasi desain mesin yang tidak terbatas.
KTM, yang kehilangan konsesi karena kesuksesannya musim lalu, diizinkan untuk memperbarui mesinnya selama musim dingin. Desain mesin RC16 kemudian juga dibekukan hingga akhir tahun 2021.
Perencanaan mesin ini memang rumit. Apalagi, tak ada jumlah pasti dari balapan yang tersisa. Pembaruan kalender mencantumkan 19 balapan yang direncanakan untuk musim ini, ditambah kemungkinan Argentina, yang masih ditunda.