Brad Binder mengaku terkejut dinobatkan sebagai rookie terbaik MotoGP tahun ini. Ia mengalahkan Alex Marquez dengan  13 poin.banner-ads

Pembalap KTM itu adalah salah satu dari tiga rookie di grid MotoGP 2020, bersama dengan Iker Lecuona dari Tech3 KTM dan juara Moto2 Honda, Alex Marquez.

Binder mengambil penghargaan rookie musim ini. Salah satunya karena kemenangannya di MotoGP Ceko. Tetapi penurunan performa di paruh kedua tahun ini bertepatan dengan Alex Marquez membuat Honda bekerja sesuai dengan keinginannya. Bahkan rider Repsol Honda itu berhasil mencetak podium di Le Mans dan Aragon.

Binder bahkan tersingkir dari GP Portugal. Binder juga mengakhiri musim di posisi ke-11 klasemen. Tapi itu memang catatan terbaik dari para rookie, di sisi lain Alex hanya bisa finis di posisi 14 klasemen.

“Sejujurnya, saya sangat terkejut, saya mendapatkannya dengan jumlah jatuh musim ini,” kata Binder.



"Bagaimanapun, saya benar-benar ingin menyelesaikan musim dengan catatan tinggi dan setidaknya mendapatkan podium. Tapi itu tidak tak terjadi, jadi kami harus mencobanya musim depan."

Binder akan bergabung di skuad pabrikan KTM tahun depan bersama rekan setimnya di Moto2 Miguel Oliveira, yang mendominasi GP Portugal. Rider Afrika itu mengaku senang melihat Oliveira tampil buas di kandangnya sendiri di babak final.

"Dia sudah menjadi kolega dan saingan selama bertahun-tahun. Saya sangat senang melihat dia menang di depan pendukung tuan rumah, grand prix kandang. Miguel pria yang sangat keren dan luar biasa melihatnya melakukannya dengan baik di sini. Saya tidak sabar untuk berbagi paddock dengannya tahun depan," ungkapnya.