Miguel Oliveira melakukan debut MotoGP pada 2019 dengan KTM di skuad satelit Tech3. Ia tetap bersama Herve Poncharal meski diminta naik ke tim pabrikan untuk menggantikan Johann Zarco, musim lalu.banner-ads

Muncul pengumuman mengejutkan, Pol Espargaro cabut ke Honda menjelang akhir musim lalu. Hal itu mendorong KTM untuk mempromosikan Oliveira ke tim pabrikan tahun ini.

Pembalap Portugal itu memberi Tech3 kemenangan MotoGP pertamanya di Styrian Grand Prix Agustus lalu sebelum mendominasi putaran kandangnya di Portugal pada November. Ini mengikuti kemenangan kejutan dari Brad Binder dan KTM di GP Ceko.

KTM belum mengumumkan kapan secara resmi akan meluncurkan musim 2021, tetapi telah mengungkapkan gambar Oliveira dan Binder bersama-sama sebagai pembalap tim pabrikan untuk pertama kalinya.



KTM satu dari empat skuad di grid 2021 bersama Yamaha, Petronas SRT dan Suzuki yang tercatat kedua pembalapnya telah memenangkan balapan MotoGP.

Meski pada akhirnya, karena meraih kemenangan itu KTM keluar dari tim konsesi. Mereka masuk dalam regulasi pabrikan yang salah satu aturannya tak bisa mengembangkan mesin. Mereka juga kehilangan aturan spesial untuk menguji dengan pembalap dan pengembangan fairing aerodinamis mulai tahun 2021.

Aturan itu dibuat demi penghematan biaya di tengah pandemi corona. Tapi karena tim non-konsesi punya ketentuan buat tahun 2021, jadi KTM mendapat dispensasi untuk mengembangkan mesin baru untuk tahun ini.

Di tim Tech3, KTM juga masih punya dua pembalap yaitu Danilo Petrucci, yang bergabung dari Ducati, dan juga Iker Lecuona. Tech3 tidak akan berjalan dengan sponsor Red Bull pada tahun 2021, tapi dengan KTM yang bertindak sebagai sponsor utamanya sekarang.