Penyelenggara MotoGP Republik Ceko kabarnya akan membatalkan jadwal MotoGP 2021 karena ketidaksepakatan dengan Dorna dan otoritas lokal mengenai peningkatan biaya dan hosting.banner-ads

Acara yang diadakan di Sirkuit Masaryk di Brno ini telah menjadi jadwal andalan MotoGP selama beberapa dekade. Acara itu secara teratur menarik salah satu jumlah penonton terbesar.

Dorna telah menetapkan Brno harus menjalani perombakan fasilitas besar agar acara tersebut mengamankan tempatnya pada jadwal 2021. Namun, karena tempat tersebut milik pribadi, tagihan itu jatuh ke tangan investor swasta dan pemerintah daerah.



Biaya hosting yang cukup besar adalah angka yang tidak dapat dicapai.

Dengan penolakan Dorna untuk menurunkan biaya tuan rumah sebagai kompensasi, Walikota Brno Marketa Vankova membantah bahwa mereka menolak untuk meningkatkan tempat tersebut karena tidak ada jaminan penonton akan diizinkan untuk menghadiri balapan pada 2021. Terlebih wilayah tersebut memiliki keadaan darurat yang lebih mendesak.

“Dorna bersikeras untuk merombak total trek. Karena virus corona, kami tidak yakin apakah tahun depan akan hadir dengan penonton, atau apakah orang ingin bepergian dari luar negeri," ungkapnya.

Sementara Dorna sejauh ini belum memberikan komentar. Bahkan Presiden Klub Otomotif Republik Ceko telah mengungkap permintaan maaf mengenai masalah tersebut.

“Saya adalah presiden Otoritas Olahraga Nasional dan Wakil Presiden Federasi Internasional, jadi saya sangat menyesal. Saya juga minta maaf karena saya telah berulang kali menawarkan bantuan dari dua posisi ini dalam negosiasi dengan Dorna, karena saya mengenal Tuan Ezpeleta secara pribadi dan kami bertemu di MotoGP.”