Sebagai tahap akhir dalam peralihannya jadi pabrikan MotoGP non-konsesi, KTM diizinkan untuk mengubah desain mesin menjelang musim baru. Sebagus apa mesin yang dipersiapkan oleh KTM?banner-ads

Di tengah pabrikan lain dilarang mengembangkan mesin, KTM disebut-sebut mengeluarkan mesin supernya.

"Ini adalah konsep motor yang sama dan bukan mesin baru yang radikal," kata Direktur Olahraga Motor Pit Beirer.

"Kami menyentuh beberapa bagian tetapi kami tidak menghadirkan model yang sepenuhnya baru. Jika kami benar-benar menggunakan celah di antara garis peraturan, sebenarnya kami bisa membangun motor yang benar-benar baru. Tapi pertama-tama juga harus memiliki tenaga untuk melakukannya, dan kami berkomitmen kepada rekan kami bahwa kami akan bekerja sama dalam format yang berguna dan tidak merusak terlalu banyak materi, dan itu apa yang kita lakukan."



Beirer juga menekankan tak ada mesin yang benar-benar baru. Meski menurutnya, banyak sisi yang sudah mengalami pengembangan.

"Ada juga sejumlah besar bagian yang tidak di homologasi oleh pembekuan, yang akan diubah dan dicoba oleh semua orang. Jadi masih merupakan perkembangan besar pada motornya. Semua yang kami tahu dari tahun lalu kami coba kemas di sana, tapi tidak dengan mesin yang benar-benar baru."

KTM kehilangan konsesi, Aprilia berarti tinggal satu-satunya pabrikan yang masih memiliki izin teknis. Mereka akan diizinkan mengganti 9 mesin dan juga dapat memodifikasi desain mesin selama tahun ini.