Dalam sepak bola, gak ada yang lebih menegangkan dari pertandingan penentu juara. Baik itu laga final kompetisi dengan format “cup”, atau pertandingan penentu dalam format liga.

Premier League contohnya udah berkali-kali menyaksikan laga penentu juara yang sangat mendebarkan. Semua fans, terutama penggemar Manchester United dan Manchester City mungkin akan sama-sama ingat perebutan juara pada akhir musim 2011/2012. Saat itu, MU yang udah menang duluan tinggal nunggu hasil dari pertandingan Queens Park Rangers melawan ManCity. Semua berharap City kalah malam itu. Tapi gol di menit akhir dari Aguero membuyarkan bayangan juara yang udah di depan mata Sir Alex Ferguson ketika dirinya berjalan menuruni tangga stadion.

Kali ini, Chelsea juga mencatatkan sesuatu dalam menjadi bagian penentu gelar Liga Inggris. Markas mereka, Stamford Bridge lagi-lagi jadi tempat penentu gelar tersebut.banner-ads



Sebenarnya Liverpool udah pasti juara musim ini dengan syarat Manchester City gagal meraih poin penuh. Perhatian banyak orang pun akhirnya tertuju ke Stamford Bridge, tempat yang mempertemukan duel Big Match antara Chelsea vs Manchester City minggu lalu.

Manchester City sebenarnya sempat menyimpan asa untuk menunda perayaan gelar Premier League dari Liverpool setelah Kevin De Bruyne mencetak gol indah lewat tendangan bebas. Sayangnya, karena Liverpool udah takdir harus juara pada hari itu juga, Willian berhasil membobol gawang Ederson lewat tendangan penalti pada menit ke-78. Stamford Bridge pun sekali lagi jadi saksi penentuan juara Premier League.

Sebelumnya, dalam 5 tahun terakhir stadion ini pernah juga jadi penentuan juara yaitu pada 2015 dan 2016.

Pada pertandingan liga ke-35 musim 2014-2015, Chelsea sedang menunggu kepastian untuk jadi juara di bawah arahan Mourinho. Saat itu mereka menghadapi Crystal Palace dan menang dengan skor tipis 1-0.

Lalu pada 3 Mei 2016, ada Derby London antara Chelsea dengan Tottenham Hotspur. Pertandingan ini adalah pertandingan penentu gelar juara Leicester City yang siap mencetak sejarah. Pertandingan yang berjalan di Stamford Bridge itu pun berakhir 2-2 dan atas hasil tersebut, Leicester untuk pertama kalinya jadi juara di kasta tertinggi sepak bola Inggris dalam sejarah keberadaan mereka selama 132 tahun.

Mana nih Bro kisah penentuan juara paling mendebarkan menurut lo?