Pembatasan perjalanan tetap diberlakukan di seluruh dunia menjelang tahun 2021 karena pandemi COVID-19. Beberapa negara memperketat perbatasan mereka setelah penyebaran varian baru virus.banner-ads

Saat ini, semua pelancong ke Malaysia harus mematuhi masa karantina minimal tujuh hari jika hasil tes PCR negatif. Peraturan pemerintah Malaysia menimbulkan masalah bagi paddock MotoGP, yang akan menjalani tes pramusim pertama tahun 2021 di Sepang pada 19-21 Februari.

Promotor MotoGP Dorna Sports, Asosiasi Tim Balap Internasional dan mantan CEO sirkuit Sepang dan bos Petronas SRT Razlan Razali telah bekerja selama berbulan-bulan dengan pemerintah Malaysia untuk merumuskan rencana yang akan memungkinkan paddock melewati karantina.



Akibatnya, jumlah tim akan semakin berkurang, yang telah dilakukan sejak 2020, sebagai bagian dari berbagai strategi pencegahan COVID yang diterapkan oleh MotoGP.

Sejauh ini, MotoGP akan berangkat dari Malaysia ke Qatar untuk tes pramusim tiga hari kedua pada 10-12 Maret, dengan putaran pertama 2021, dijadwalkan 28 Maret berlangsung di Sirkuit Losail.

Kalender sementara MotoGP untuk 2021 menampilkan 20 balapan belum diganti secara resmi. Namun, kemungkinan beberapa balapan pada akhirnya akan ditunda atau dibatalkan.

Dorna telah mendaftarkan tiga sirkuit sebagai cadangan jika diperlukan. Sirkuit Algarve Portugal, Igora Drive di Rusia, dan sirkuit jalan raya Mandalika di Indonesia dijadikan sebagai cadangan.