Bisa dibilang, motor yang digunakan untuk balapan ajang MotoGP bukan motor biasa. Meski ada versi road legal dari setiap motor yang digunakan di sana, tetap saja apa yang ada di atas lintasan adalah hasil modifikasi habis-habisan.

Mesin dengan cc besar dan juga tuning tenaga serta akselerasi habis-habisan tentu menghasilkan sesuatu yang luar biasa juga.

Lalu, ada pernyataan bahwa motor di ajang MotoGP bisa setara dengan mesin pesawat jet dalam hal kebisingan yang dihasilkan, benarkah?banner-ads


Ternyata hal ini adalah sebuah fakta, Bro. Motor Honda RC213V yang dikendarai oleh Marc Marquez dan bisa menembus kecepatan 350 km/jam punya tingkat kebisingan sebesar 128db.

Saat sebuah pesawat bermesin jet dalam keadaan hidup dan kondisi terparkir, kebisingan mesinnya ada di kisaran 90-100 db. Beda lagi dengan saat pesawat tersebut akan lepas landas. Sebuah pesawat bermesin jet yang akan lepas landas tercatat punya angka kebisingan dalam rentang 120-140 db.

Dengan angka 128 db yang dikeluarkan oleh motor Honda RC213V, bisa dibilang suara yang dihasilkannya setara, bahkan bisa lebih bising dari kebisingan pesawat bermesin jet.

Gimana ya sensasi menyaksikan motor tersebut berpacu dengan kecepatan dan suara yang full dari sisi lintasan?