Son Heung Min, atau akrab hanya dengan panggilan ‘Son’ bermain luar biasa musim ini bersama Tottenham Hotspurs. Tandemnya di lini depan dengan Harry Kane mampu membuat The Lilywhites bersaing di papan atas Premier League musim ini. Bahkan banyak yang gak ragu buat menjagokan mereka jadi juara Premier League musim ini.

Tapi ada satu hal lagi yang spesial buat pemain asal Korea Selatan itu. Di ajang FIFA Gala Award, dirinya meraih penghargaan prestisius, FIFA Puskas Award. Penghargaan tersebut diberikan kepada para pencetak gol terbaik dalam berbagai kompetisi.

Son berhasil meraih penghargaan tersebut berkat aksi ‘solo run’ yang dilakukannya ketika menghadapi Burnley di Premier League musim lalu. Dirinya menggiring bola melewati banyak pemain sendirian dan mencetak gol yang menakjubkan.

Tapi, Son Heung Min bukanlah pemain pertama dari Asia yang berhasil mendapatkan gelar tersebut. Sebelumnya, ada Mohd Faiz Subri yang bermain untuk Penang FA di Liga Malaysia dan meraih penghargaan Puskas tahun 2016 lalu. Pemain satu ini mencetak gol dari tendangan bebas yang tampak tidak masuk akal buat terjadi.banner-ads


Baik Mohd Faiz Subri maupun Son Heung Min mampu jadi segelintir pemain Asia yang berhasil memenangkan penghargaan bergengsi ini.

Padahal, lawan kandidat yang dihadapi Subri pada ajang penghargaan FIFA Gala Award bukanlah lawan yang mudah. Ada Marlone, pemain Corinthians yang mencetak gol setengah salto setelah mengontrol bola menggunakan dadanya terlebih dahulu. Ada juga gol Neymar ketika Barcelona menghadapi Villareal dimana dirinya melakukan skill individu yang memukau di hadapan gawang lawan. 


Begitupun dengan gol solo run Son Heung Min yang harus berhadapan dengan gol backheel Luis Suarez yang juga gak kalah memukau para penonton.


Sungguh sesuatu yang perlu mendapat apresiasi lebih dari para pemain benua Asia ini. Hal ini nunjukin bahwa kualitas para pemain Asia gak kalah dengan mereka yang ada di Eropa dan Amerika Selatan. Bukan gak mungkin juga, kedepannya bakal ada lagi pemain asal Asia lainnya yang mampu memenangkan penghargaan ini.