Kalau ngomongin Sergio Ramos, apa yang langsung terbayang dari pemain satu ini?

banner-ads

Mungkin ada yang langsung membayangkan sosok kapten dan pemimpin, seorang bek yang sangat tangguh dan sering membantu serangan, atau ada yang membayangkan seorang pemain yang kasar di atas lapangan.

Musim 2019/2020 lalu Sergio Ramos kembali memimpin timnya ke posisi juara dan mengangkat trofi La Liga. Secara total ini jadi gelar ke-25 sepanjang karir sang kapten. Belum lagi dirinya dan Real Madrid masih punya kesempatan di Liga Champions yang kompetisinya belum berakhir.

Ada beberapa catatan menarik di balik pencapaian Ramos setelah berhasil mendapatkan trofi ke-25 dalam karirnya tersebut.

Pencetak 100 gol di level klub

Sebagai seorang defender, tentu wajib bagi Ramos punya kemampuan dalam melakukan duel bola-bola atas. Untungnya bek tengah Real Madrid ini emang punya kemampuan yang sangat baik dalam hal tersebut. Bahkan, duel udara yang dilakukannya bukan cuma saat bertahan, tapi juga saat menyerang. Ini membuat dirinya sering mencetak gol lewat umpan yang dilepaskan dari tendangan penjuru.

Selain itu, dirinya juga jadi salah satu eksekutor tendangan penalti andalan Real Madrid. Secara total, dirinya udah berhasil menjebloskan 100 gol dengan catatan 3 gol saat masih di Sevilla dan 97 gol saat berseragam Real Madrid.

Ini merupakan catatan yang luar biasa buat seorang bek. Ramos juga punya kesempatan untuk masuk ke dalam jajaran bek paling subur di dunia.

Raja kartu merah

Udah gak aneh buat Ramos melakukan tackle keras untuk menghentikan lawan. Tapi, sang kapten punya kesan tersendiri sebagai seorang bek keras bahkan cenderung kasar. Salah satu momen paling ikonik tentang permainan keras Ramos adalah ketika melakukan tackle pada Mohamed Salah dalam pertandingan final UCL.

Emang sih Ramos cuma dapet kartu kuning, tapi karena aksinya itu Salah mengalami cedera bahu yang bikin dirinya gak bisa melanjutkan pertandingan.

Sepanjang karirnya, Ramos udah mendapatkan lebih banyak kartu merah daripada gelar juara dengan catatan 26 kartu merah.

Penampil terbanyak timnas Spanyol

Ramos juga merupakan pemain dengan penampilan timnas Spanyol terbanyak. Dengan 170 caps, dirinya melampaui Iker Casillas dengan catatan 167 caps. Ini nunjukin bagaimana Ramos tak tergantikan di lini bertahan Spanyol. Sang kapten juga mencetak 21 untuk timnas sejauh ini.

Hate him or love him, emang perlu diakui bahwa Sergio Ramos adalah salah satu bek terbaik di dunia saat ini. Dirinya selalu mampu memimpin timnya di jalur juara dan ikut mengatur tempo permainan dari lini belakang.