Sebelum membeli ban, lo harus tahu beberapa spesifikasinya. Bukan cuma profile ban yang mau lo pilih, misal untuk road, gravel dan yang lainnya, tapi ada juga spesifikasi lain yang harus lo pahami.banner-ads

Khusus di merek Schwalbe, ada spesifikasi lain yang biasanya ditampilkan di database mereka, salah satunya adalah Quality.

Di kolom ini, bakal ada keterangan Active yang ditujukan untuk pemula, Performance untuk ban yang bakal digunakan secara intensif dan Evolution yang kualitasnya terbaik dengan teknologi paling mutakhir.

Baca Juga: Yeezy Boost 380 Alien Blue Dibandrol Rp 3,2 Jutaan





Di kolom Type ada spesifikasi Folding yang menerangkan kalau ban itu berbahan kevlar yang bisa dilipat. Selanjutnya ada Wired yang berarti ban dilengkapi kawat sehingga tidak bisa dilipat dan Tubular yang harus menggunakan ban dalam yang dijahit atau dilem.

Selanjutnya yang harus lo tahu juga soal Dimensi Ban. Bakal ada tulisan ETRTO (European Tire and Rim Technical Organization) berisi beberapa angka.

Angka pertama dari ETRTO adalah untuk lebar ban, angka kedua untuk diameter rim. Semua angka itu dalam milimeter.

Kemudian ada juga Size yang menunjukkan ukuran diameter dan lebar ban dalam inci.



Lo juga bisa mendapatkan informasi soal Proteksi dari ban Schwalbe. Akan ada level proteksi dari 1 sampai 7, di mana angka tertinggi juga menunjukkan level proteksi terbaik.

Di beberapa tipe Schwalbe level itu juga dalam bentuk nama, seperti Liteskin & Performance, K sampai V Guard, Double Defense, Dual Guard, Tubeless Easy hingga Smartguard untuk Marathon Plus, Marathon Plus Tour, Marathon Plus MTB.