Ballon d’Or jadi penghargaan paling bergengsi buat pemain-pemain yang merumput di Eropa. Selama satu dekad, penghargaan ini didominasi oleh dua nama yaitu Messi dan Ronaldo, hingga akhirnya dipatahkan oleh Luka Modric tahun awal tahun ini. Selain jadi kebanggaan tersendiri bagi tim dan pemain yang bersangkutan, gelar ini bisa jadi aset karena dapat menaikkan harga jual mereka di bursa transfer.

banner-ads

Terjadi kejutan pada shortlist daftar 30 pemain yang diumumkan untuk Ballon d’Or 2019. Banyak nama-nama besar yang seharusnya bisa mengisi nominasi tersebut, Bro. Bahkan, ada 11 pemain yang seharusnya layak masuk nominasi Ballon d’Or dan lo bisa menyusunnya jadi sebuah tim.

 

Dengan formasi 3-4-3, lo bisa membentuk tim yang terdiri dari:

Kiper - Ederson Moraes (Manchester City)

Bek - Joshua Kimmich (Bayern Munchen)

Bek - Aymeric Laporte (Manchester City)

Bek - Andy Robertson (Liverpool)

Gelandang - Kante (Chelsea)

Gelandang - Luka Modric (Real Madrid)

Gelandang - Paul Pogba (Manchester United)

Gelandang - Hakim Ziyech (Ajax)

Penyerang - Luis Suarez (Barcelona)

Penyerang - Harry Kane (Tottenham Hotspur)

Penyarang - Neymar (Paris Saint Germain)

 

Ederson mencatatkan permainan yang impresif musim lalu. Dirinya berhasil membawa Manchester City juara dengan 98 poin dan mencatatkan 20 clean sheets alias pertandingan tanpa kebobolan.

Andy Robertson juga musim lalu tampil sangat bagus dan dapet banyak pujian publik. Selain bawa Liverpool juara Liga Champions, dirinya juga berhasil mencatatkan 14 assist meskipun dirinya seorang pemain belakang.

N’Golo Kante emang terlihat kewalahan musim lalu. Soalnya Maurizio Sarri kelihatannya gak konsisten tentang di mana seharusnya Kante bermain. Meskipun begitu, dirinya tetap jadi salah satu gelandang terbaik di Liga Inggris dan berhasil membawa Chelsea juara Liga Europa.

Luka Modric adalah nama yang mengejutkan di Ballon d’Or tahun ini dan tahun lalu. Soalnya, pada Ballon d’Or 2018 dirinya berhasil mematahkan dominasi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Sayangnya pada tahun ini kabar mengejutkan cenderung negatif. Dirinya gagal masuk shortlist 30 orang calon peraih Ballon d’Or.

Neymar sebenarnya punya catatan yang gak terlalu impresif. Hanya saja menarik buat diperhatikan bagaimana Neymar sering banget melewatkan pertandingan karena alasan cedera dan hukuman akumulasi kartu. Selain itu, dirinya juga gagal pulang ke Barcelona karena kesepakatan yang gak tercapai di antara kedua klub. Padahal, skill-nya masih bagus banget, Bro.

Sayang banget ya, Bro? Padahal pemain-pemain tersebut bermain gemilang untuk tim masing-masing.

Menurut lo, adakah pemain lain selain yang gue sebutin tadi dan seharusnya masuk nominasi Ballon d’Or?