Gresini Racing telah mengumumkan akan kembali menjadi tim MotoGP independen mulai 2022. Mereka pun tak lagi kerja bareng pabrikan Aprilia.banner-ads

Tim itu telah hadir sebagai tim satelit sejak 1997 di kelas utama. Mereka telah mencatatkan 14 kemenangan dan 41 podium sejak itu.

Setelah berpisah dengan Honda pada akhir 2014, Gresini terhubung dengan kembalinya Aprilia pada 2015. Kerjasama mereka bakal berakhir 2021.

Aprilia ditetapkan untuk menjadi tim pabrikan mandiri setelah perjanjian itu berakhir. Gresini mengumumkan telah menandatangani kontrak lima tahun untuk tetap di kelas utama dari 2022 hingga 2026.

"Kami dengan senang hati mengumumkan perjanjian ini dengan IRTA (Asosiasi Tim Balap Internasional), yang akan membawa kami ke MotoGP selama lima tahun mulai dari 2022," kata bos tim Gresini.



"Kami tidak akan mewakili Aprilia sebagai tim pabrikan lagi, jadi kami akan melanjutkan sebagai Tim Independen, melakukannya dengan kemauan dan komitmen sebanyak mungkin."

"Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan dan banyak hal yang harus didefinisikan dan dikomunikasikan. Jelas, kami sudah mengerjakan proyek besar ini, dan kami akan mengungkapkan detailnya sedikit demi sedikit," jelasnya.

Dari grid saat ini, Gresini adalah satu-satunya tim independen yang berkomitmen untuk MotoGP secara resmi setelah tahun 2022. Sementara KTM saat ini menjadi satu-satunya pabrikan yang telah menandatangani perjanjian baru.

Musim 2020 adalah musim yang penuh gejolak bagi skuad Gresini Aprilia. Mereka terpaksa menurunkan pengganti Andrea Iannone setelah pemenang balapan MotoGP satu kali itu terkena larangan doping.