Pembatalan MotoGP Qatar yang jadi pembuka musim juga berarti homologasi desain mesin 2020 tidak diputuskan sesuai rencana. Awalnya, homologasi akan dilakukan pada balapan berikutnya.banner-ads

Tetapi penyebaran COVID-19 yang terus-menerus memaksa balapan mundur hingga 3 Mei, di Jerez. Ada kekhawatiran pabrikan menggunakan penundaan itu untuk terus mengembangkan mesin dan aero 2020.

Dengan demikian, MotoGP mengumumkan homologasi dilakukan dari jarak jauh dengan mengirimkan mesin sampel dan desain fairing digital. Berbeda dengan Honda yang sudah menyediakan sampel suku cadang mesin di Qatar.



Produsen konsesi Aprilia dan KTM dapat mengembangkan mesin mereka sepanjang tahun. Meski untuk urusan fairing, mereka juga ikut dalam aturan.

"Ada sejumlah pertanyaan yang ditimbulkan oleh wabah virus corona yang sedang berlangsung dan penundaan kompetisi berikutnya untuk MotoGP, dan salah satunya adalah homologi teknis. Di kelas MotoGP, mesin harus memiliki spesifikasi yang sama untuk seluruh musim, satu-satunya pengecualian untuk pabrik yang memenuhi syarat untuk konsesi dan masing-masing rider juga memiliki batas dua versi aero-body per musim dan per pengendara yang diizinkan untuk menggunakannya," begitu pernyataan MotoGP.

“Biasanya, spesifikasi mesin untuk musim dihomologasi pada hari sebelum Grand Prix pertama. Karena pembatalan kelas MotoGP di Losail, itu tidak mungkin untuk setiap pabrikan. Namun, Grand Prix QNB Qatar tetap menjadi titik awal resmi musim ini dan titik di mana aturan untuk homologasi mulai ditegakkan."