Delapan pabrikan yang berbeda telah mencapai kejayaan kejuaraan dunia di kelas premier. Dimulai dari kelas 500cc atau MotoGP.banner-ads

Sejarah telah memberikan indikasi yang adil tentang merek mana yang dapat dianggap sebagai yang terbaik. Terlebih bersama para pembalap yang membimbing mereka ke prestasi bersejarah.

Dari juara dunia kelas premier pertama, Leslie Graham dan AJS hingga pemegang gelar juara dunia terakhir Marc Marquez dari Honda. MV Agusta dan Yamaha tetap menjadi yang paling dihiasi nama-nama legendaris seperti Giacomo Agostini, Valentino Rossi, dan Mick Doohan.



Era modern, Ducati juga memiliki beberapa cara untuk mengejar ketinggalan dan menambah satu-satunya gelar dunia dengan Casey Stoner pada 2007.

Dari para pemimpin industri awal dari Britania Raya dan Italia, hingga invasi Jepang dan dominasi mereka. Olahraga ini selalu kaya dengan inovasi kelas dunia saat memasuki dekade ketujuh.

Di bawah ini adalah uraian total gelar dunia kelas premier yang dimenangkan oleh setiap pembalap untuk setiap pabrikan di sepanjang sejarah kejuaraan dunia 500cc / MotoGP mulai tahun 1949 yang dirilis oleh crash.