Klopp jauh lebih baik sebagai pelatih daripada pemain, kayaknya semua orang tau itu. Karir awalnya sebagai pelatih berjalan ketika jadi pelatih Mainz, klub asalnya dan membawa tim tersebut kembali ke Bundesliga. Tapi aksinya gak banyak tersorot hingga akhirnya pria Jerman ini menangani Borussia Dortmund.

Bersama Dortmund, Klopp seakan mengukuhkan dirinya sebagai salah satu pelatih terbaik di dunia dengan juara Bundesliga dua kali berturut-turut dan lolos ke final Liga Champions.

Karirnya bersama Liverpool juga terbilang mentereng, masuk final UCL dua kali berturut dan menjuarai salah satunya. Sekarang timnya di ambang juara Premier League namun liga harus berhenti sementara karena wabah COVID-19.

Selama karirnya juga Klopp udah memimpin banyak pemain hebat. Dengan formasi 4-5-1, berikut ini adalah pemain terhebat Klopp berdasarkan rata-rata rating di atas lapangan.

Kiper: 
Alisson Becker (6,78)

Kualitas kiper nomor 1 Brasil ini emang gak perlu dipertanyakan lagi. Dengan harga 67 juta poundsterling saat dibeli dari AS Roma, dirinya udah mencatatkan 31 clean sheet dari 58 pertandingan Premier League dan punya rasio penyelamatan 79%.

Pemain belakang:

Trent Alexander Arnold (7,17), Virgil Van Dijk (7,41),  Mats Hummels (7,47), Andy Robertson (7,49)

Andy Robertson dan Alexander Arnold jadi duet full back yang gak biasa. Keduanya jadi penyuplai assist yang sangat subur. Bahkan assist yang diciptakan keduanya melampaui catatan beberapa trio penyerang mematikan di Eropa. Virgil Van Dijk pun masuk nominasi Ballon d’Or tahun lalu karena performa impresifnya.

Mats Hummels, saat duet dengan Neven Subotic di Dortmund, keduanya adalah bek yang ditakuti saat itu. Benteng yang solid dari keduanya mampu membawa Dortmund juara Bundesliga dua kali beruntun.

Pemain tengah:
Nuri Sahin (7,56), Mario Gotze (7,53), Philippe Coutinho (7,63), Mohamed Salah (7,58) dan Marco Reus (7,71)

Salah sempat diragukan saat pertama datang ke Liverpool karena sebelumnya melempem bersama Chelsea. Namun dirinya membuktikan diri dengan jadi top scorer pada musim pertama Premier League. Gotze dan Reus juga jadi duet gelandang paling mematikan saat berada di bawah asuhan Jurgen Klopp, keduanya turut membawa Dortmund ke masa kejayaan saat itu.

Well, lo tau Coutinho. Meski di Barcelona dan Bayern pemain ini meredup. Di Premier League Coutinho jadi salah satu sosok menakutkan untuk para pemain bertahan. Pergerakannya seringkali bikin pertahanan lawan kerepotan.

Penyerang:
Robert Lewandowski (7,51)

Meski trio Salah-Mane-Firmino tampil impresif di bawah asuhan Klopp, mungkin penyerang terbaik yang pernah ditangani adalah Robert Lewandowski. Saat Dortmund lolos ke final UCL, Lewandowski lah yang jadi salah satu pahlawannya karena mampu mencetak 4 gol ke gawang Real Madrid di semifinal. Sekarang pun Lewandowski terus mengukuhkan dirinya sebagai salah satu striker terbaik di dunia.banner-ads



Di antara pemain yang pernah diasuh oleh Klopp, mana yang jadi favorit lo, Bro?