Dengan datangnya Sarri ke Juventus, ada indikasi bahwa tim ini sedang berubah haluan total. Kok bisa gitu Bro?

banner-ads

Banyak perubahan radikal yang dilakukan Juventus beberapa tahun belakangan. Mulai dari ganti logo sampai mendatangkan bintang sepakbola dengan harga selangit, Cristiano Ronaldo.

Ada apa dengan Juventus?

‘Si Nyonya Tua’ ingin mengubah orientasi mereka dalam dunia sepak bola. Pengamat mengatakan bahwa Juventus sekarang gak cuma dikenal sebagai tim sepak bola, tapi juga sebagai sebuah perusahaan bisnis.

Berubahnya logo sendiri adalah tanda perubahan orientasi tersebut.

“Tujuan dari logo ini adalah untuk mengenalkan Juventus kepada masyarakat luas, baik itu kepada masyarakat sepak bola, atau masyarakat yang sama sekali tidak tertarik pada sepak bola. Jika masyarakat sudah mengenal Juventus, maka akan berpengaruh pada segala aktivitas bisnis Juventus pada masa depan,” tulis pernyataan resmi klub saat itu.

Selain itu, kedatangan Ronaldo yang menjadi pembelian termahal sepanjang sejarah Juventus juga merupakan sebuah langkah bisnis. 

Biaya 100 Juta Euro yang dikeluarkan Juventus untuk memboyong dirinya tertutup hanya dalam beberapa minggu penjualan jersey. Keren gak tuh, Bro?

Kedatangan Sarri juga jadi pembeda musim ini. Klub kota Turin ini ingin ikut mengubah kebiasaan bermain mereka yang memegang teguh filosofi bermain ala Italia.

Musim ini, di bawah kepelatihan Allegri, Juventus bahkan mencatatkan rata-rata penguasaan bola terendah.

Sarri dianggap berhasil mengubah permainan sepak bola Italia ketika masih menangani Napoli. Di Napoli, dirinya berhasil menerapkan permainan yang lebih cepat dan dinamis. Berbeda dengan gaya sepak bola Italia yang cenderung lambat dan gak ‘greget’ dalam menyerang.

Andrea Agnelli sebagai presiden klub juga mengatakan hal serupa. Agnelli merasa permainan gaya tradisional yang mengandalkan penguasaan bola tanpa memperhatikan keindahan udah gak cocok buat mereka.

Secara garis besar, bos Juventus ini ingin mengubah Juventus dari tim sepak bola tradisional menjadi tim dengan orientasi bisnis dan prestasi secara bersamaan.

Pengusaha Italia itu tetap menargetkan Liga Champions sebagai target utama untuk musim depan. Dirinya berharap duet taktik Sarri dengan ketajaman Ronaldo gak cuma memberi mereka buah manis dari sisi bisnis, tapi juga prestasi.

Buat lo yang pendukung Juventus, yakin gak tim lo bakal juara UCL musim depan, Bro?