Johann Zarco sebenarnya punya dua tahun kontrak bersama KTM. Namun kedua belah pihak memutuskan untuk tak lagi bekerjasama di tahun kedua.banner-ads

Bahkan tak sampai satu tahun posisi Zarco kini digantikan oleh Mika Kallio usai MotoGP San Marino. Praktis, Zarco hanya menjalani 13 balapan saja dengan tim tersebut.

Zarco mengungkapkan di Misano bahwa ia tidak akan mengambil bagian dalam tes KTM yang akan datang. Tetapi ia juga tidak memberikan indikasi akan hengkang dari Aragon akhir pekan ini.

"KTM Red Bull akan menurunkan rider Mika Kallio bersama Pol Espargaro untuk sisa MotoGP 2019. Johann dan KTM memutuskan untuk mengakhiri hubungan bersama di akhir 2019 tetapi perkembangan dan pekerjaan yang sedang berjalan berarti bahwa prioritas telah disesuaikan. Pembalap Prancis itu akan dibebaskan dari tugas MotoGP tetapi tetap dikontrak untuk KTM sampai akhir musim," tulis pernyataan KTM.



"Kami harus membuat keputusan untuk memastikan bahwa kami menggunakan sumber daya kami dengan sebaik mungkin dan kami saat ini berada dalam arah yang positif dengan struktur MotoGP kami," kata Pit Beirer, Direktur KTM Motorsport.

"Kami sangat yakin bahwa Mika dapat membantu kami dalam tahap ini berkat pengetahuan dan latar belakangnya. Sangatlah penting bagi kami memverifikasi hasil pengujian kami dalam kondisi balapan nyata untuk memulai musim 2020 kami di posisi terbaik."

Mika Kallio telah membuktikan kemampuannya bersama RC16. KTM mengaku senang ia bisa bergabung dalam susunan pembalap lagi.

"Tidak ada keraguan bahwa kami akan fokus pada konfigurasi baru dengan motor # 82 sambil berjuang untuk mendapatkan poin di balapan terakhir kejuaraan," tandasnya.

Kallio mengendarai KTM pada debut MotoGP di Valencia 2016 dan telah meraih finis terbaik kesepuluh dua kali. Pembalap Finlandia itu juga dianggap sebagai pesaing utama untuk kursi balap 2020 yang kosong, bersama dengan Pol Espargaro.