Pada akhir balapan 24 putaran di GP Catalunya, Fabio Quartararo terlihat melepaskan pelindung dada di Turn 3. Ia kala itu tengah mengejar Miguel Oliveira.banner-ads

Quartararo lantas terus melanjutkan balapan dengan baju terbuka. Setelah penyelidikan lebih lanjut oleh Stewards Panel MotoGP, Quartararo dianggap telah melanggar peraturan seputar peralatan keselamatan.

Akibatnya, pembalap Yamaha itu terkena penalti tiga detik. Akhirnya, ia pun turun ke posisi menjadi keenam, mempromosikan Joan Mir ke urutan keempat dan rekan setimnya di Yamaha Maverick Vinales ke urutan kelima.

Baca Juga: Kontroversi Jaket Terbuka Quartararo Saat Balapan



"Pada 6 Juni 2021 selama balapan MotoGP Gran Premi Monster Energy de Catalunya, Quartararo diamati mengendarai dengan setelan kulit tidak diikat dengan benar dan tanpa pelindung dada yang diperlukan. Ini merupakan pelanggaran Pasal 2.4.5.2 Peraturan Grand Prix Kejuaraan Dunia FIM," begitu bunyi hukuman yang diterima Quartararo.



Quartararo diberi penalti tiga detik juga atas akumulasi pelanggaran batas lintasan pada tahap terakhir di Turn 1 dan 2. Ketika itu, ia melakukan kesalahan karena melalui area run-off.

Menanggapi penalti, Quartararo muncul di Instagram untuk melampiaskan kekesalannya.

"Selamat kepada semua orang yang mengadukan hukuman lainnya. Saya tidak membahayakan siapa pun, seperti yang dikatakan pengendara, dan sudah sulit bagi saya untuk mengendarainya. Tapi senang melihat wajah asli beberapa orang. Hanya ingin berterima kasih kepada semua orang yang mendukung saya dan membantu melalui saat-saat sulit. Sampai jumpa di yang berikutnya," tutur rider Yamaha itu.