Ada yang tak biasa dengan penampilan The Doctor saat balapan di Sirkuit Jerez. Rider Movistar Yamaha itu mengakhiri balapan di posisi ke-10.

Musim lalu saja Rossi mendominasi GP Spanyol dengan menjadi juara dan start di pole position. Peluang Rossi dianggap begitu besar karena sudah 9 kali juara di sana. Namun yang terjadi ternyata jauh dari harapan.

"Akhir pekan yang sulit dan tentunya balapan yang sangat sulit bagi kami, terutama jika melihat hasil tahun lalu," kata Rossi.

Pembalap Italia itu memang masih merasa kesulitan dengan akselerasi motor YZR M1 miliknya. Itu menjadi masalah utama Yamaha sejauh ini.

"Kami coba memodifikasi keseimbangan karena khawatir dengan usia ban belakang medium. Kami tidak memakai compound hard, karena itu tak mungkin," ujarnya.



Rossi awalnya ingin menghilangkan spinning pada motornya. Namun hasilnya justru lebih buruk karena, ia kini merasakan feeling yang tidak bagus bersama motor.

"Balapan juga akan sangat sulit untuk mengerem dan masuk tikungan. Saya lebih baik selama latihan, tapi pada akhirnya kami tak bisa memperbaiki kecepatan. Setelah melewati enam atau tujuh putaran terakhir, terutama pada sisi kiri, saya mengalami vibrasi yang sangat tinggi. Kami harus melambat tiga detik setiap lap," tukasnya.

Tak hanya Rossi, rekan satu timnya, Maverick Vinales juga tidak mendapatkan hasil maksimal. Vinales hanya finish di posisi keenam. Ada apa Yamaha?

banner-ads