Pendapat berbeda muncul setelah penalti start pitlane yang diberikan kepada Johann Zarco untuk GP Styria. Penalti itu menyusul tabrakan mengerikan dengan Franco Morbidelli di GP Austria.banner-ads

Di GP Styrian, penalti juga diberikan dalam balapan Moto2 karena pelanggaran batas trek. Beberapa pembalap merasa Jorge Martin yang kehilangan kemenangannya tidak merugikan apa-apa terhadap Marco Bezzecchi ketika menyentuh jalur cat hijau.

Perdebatan tentang batas lintasan berkecamuk setelah balapan MotoGP. Pol Espargaro juga dituduh Joan Mir seharusnya diturunkan dari posisi ketiga karena melahap jalur hijau di tikungan ujung lap terakhir.



Panel Stewards dibentuk pada 2016 setelah bentrokan Sepang yang kontroversial antara Valentino Rossi dan Marc Marquez pada 2015. Juara dunia 500cc Freddie Spencer memimpin panel itu selama tiga dari tahun.

"Saya akan mengatakan itu bukan pekerjaan mudah yang mereka lakukan, tapi saya tidak percaya diri dengan Stewards," kata Zarco.

"Menurutku bukan orang yang tepat di tempat yang tepat. Anda harus memiliki orang lain."

Aleix Espargaro dari Aprilia mengakui bahwa pekerjaan Stewards tidak mudah, tetapi merasa banyak hal perlu ditingkatkan.

“Saya memiliki banyak keraguan tentang panel Stewards, saya pikir kami dapat meningkatkan banyak hal. Saya tidak setuju dengan banyak hal. Tapi itu tidak tergantung pada saya," katanya.

Andrea Dovizioso telah berulang kali mengkritik aturan batas lintasan dan merasa cara Steward menerapkan peraturan itu aneh.

“Saya berbicara banyak di Komisi Keamanan untuk mencoba mengubah aturan tentang run-off hijau. Pojok terakhir di GP Styria adalah situasi yang sedikit berbeda karena Miller mendorong Pol keluar. Tapi cara mereka mengatur aturan itu aneh karena menurut saya Anda harus membayangkan jika ada kerikil di jalur hijau, dan semuanya berubah. Jadi, saya tidak setuju tentang itu, tapi sekarang kita harus berpacu dengan aturan itu," kata Dovizioso.