Juara dunia MotoGP tiga kali, Jorge Lorenzo akan dijadikan sebagai legenda resmi selama Grand Prix Spanyol tahun ini di Jerez.banner-ads

Setelah musim yang menyedihkan bersama Honda pada 2019, Lorenzo gagal berada dalam 10 besar karena kesulitan beradaptasi dengan motor. Selain itu, X-Fuera juga menghadapi banyak masalah cedera.

Lorenzo lantas mengumumkan pada malam final Valencia bahwa ia pensiun dari balapan.

Lorenzo membuat debut grand prix pada 2002 di Jerez pada hari ulang tahunnya yang ke 15. Lorenzo menghabiskan 19 tahun di paddock, memenangkan total 68 balapan, termasuk 47 di MotoGP dan lima kali juara dunia di kelas 250cc dan MotoGP.



"Diberi nama MotoGP Legend membuat saya sangat bahagia. Ketika saya mulai berkompetisi di dunia ini, yang benar-benar saya cita-citakan adalah masuk ke Kejuaraan Dunia," ungkapnya.

“Untuk bisa memenangkan balapan dan kemudian lima Kejuaraan Dunia adalah sesuatu yang jauh melebihi apa yang saya harapkan, dan untuk menjadi MotoGP Legend adalah sesuatu yang bahkan lebih sulit untuk dicapai. Diberi nama legenda berarti, terlepas dari judulnya, kita telah meninggalkan bekas pada orang-orang dan sejarah olahraga ini."

"Saya ingin berterima kasih kepada Dorna dan FIM atas dukungan mereka selama ini, dan karena telah memasukkan saya dalam kelompok khusus pengendara terpilih ini," tutupnya.