Jorge Lorenzo kembali ke Yamaha sebagai pembalap tes MotoGP, tim itu juga telah membuka kemungkinan X-Fuera kembali balapan.banner-ads

Lorenzo mengumumkan pengunduran dirinya dari balap di final MotoGP 2019 di Valencia. Ketika itu, ia berpisah dari Repsol Honda, satu musim lebih cepat dari kontrak dua tahun.

Tetapi tampaknya, karier balap Lorenzo belum berakhir secara resmi karena Yamaha mengonfirmasikan ia sebagai rider test. Ia juga akan memiliki kesempatan untuk menerima entri wildcard jika ia menginginkannya.

"Sejauh ini, tidak ada wildcard yang direncanakan untuk Lorenzo pada 2020, tetapi Yamaha terbuka untuk kemungkinan itu, seandainya ia memutuskan untuk balapan lagi," tulis pernyataan Yamaha.



Mayoritas rider tes MotoGP di pabrikan lain sering memiliki wildcard sebagai bagian dari kontrak mereka termasuk Bradley Smith di Aprilia, Sylvain Guintoli di Suzuki dan Michele Pirro di Ducati.

Pembalap tes MotoGP KTM tahun lalu, Dani Pedrosa juga menolak opsi untuk wildcard karena ia lebih suka tetap berpegang pada tugas pengujian saja.

Untuk saat ini, fokus utama Lorenzo juga sama dengan Pedrosa. Ia bakal lebih mementingkan tes pertamanya untuk Sepang pada 2-4 Februari, sebelum mengambil bagian dalam semua tes resmi Yamaha pada 2020.

Lorenzo akan bekerja dengan mantan kru kepala Valentino Rossi, Silvano Galbusera dalam tim tersebut.

"Saya selalu berencana untuk tetap terlibat di MotoGP dan kembali ke paddock, dan saya pikir, ini adalah peran yang cocok untuk saya. Saya tahu tim dan M1 dengan baik. Yamaha benar-benar cocok dengan gaya balapan saya, dan akan sangat menarik untuk bertemu kembali dengan motor lama saya," kata Lorenzo.