Marco Melandri Resmi Pensiun

LAZONE.ID - Berikut perjalanan karier rider Italia itu.

Marco Melandri mengungkapkan musim World Superbike 2019 akan menjadi karier terakhir di motorsport setelah mengumumkan pengunduran diri.

Dengan keberhasilan di level tertinggi baik MotoGP dan WorldSBK, serta keberhasilannya memenangkan gelar di kelas 250GP, Melandri telah menjadikan dirinya sebagai salah satu pembalap motor paling sukses di Italia.

Melandri saat ini berpacu di WorldSBK dengan tim privat GRT Yamaha. Melandri telah meraih tiga podium musim ini. Ia mengatakan penting baginya untuk keluar dari olahraga meski masih kompetitif.

"Keputusan untuk pensiun adalah keputusan yang sangat sulit bagi saya," katanya dalam sebuah pernyataan.

"Saya sudah memikirkannya selama beberapa waktu dan, sebelum balapan Imola, saya akhirnya memutuskan untuk menyebutnya sehari sebelum akhir musim 2019."

“Saya masih kompetitif dan saya pikir lebih baik berhenti pada saat ini, sementara saya masih menikmati balapan, daripada menunggu sampai kenikmatan dan hasilnya lebih sulit untuk dicapai."



"Sejak membuat keputusan saya merasa seperti beban yang sangat besar telah diangkat dari pundak saya dan sekarang semua orang tahu ini adalah tahun terakhir saya, saya bahkan lebih termotivasi untuk mendorong hasil yang baik dalam beberapa balapan terakhir."

“Sebagian untuk saya, karena saya ingin keluar pada posisi yang tinggi, tetapi juga untuk membayar kembali keyakinan bahwa Yamaha dan tim GRT Yamaha telah menunjukkan pada saya. Ini musim yang sulit, tetapi mereka telah bekerja sangat keras untuk membantu saya menyadari potensi saya.

"Mereka tidak pernah menyerah pada saya dan saya berharap bahwa pengalaman saya telah membantu tim beradaptasi dengan balap di WorldSBK sedikit lebih cepat. Saya berharap untuk melihat musim terakhir saya bersama mereka dan saya bermaksud untuk memberikan segalanya. Maka sudah saatnya untuk melanjutkan dan melakukan sesuatu yang berbeda dengan hidupku. Bagi saya ini adalah perjalanan yang fantastis, terima kasih untuk semua orang yang saya temui di sepanjang jalan," ungkapnya.

Melandri dimahkotai juara dunia di seri terakhir pada tahun 2002 kelas 250cc, dengan upaya dominan yang menghasilkan sembilan kemenangan dalam 16 balapan dan membuatnya pindah ke kelas MotoGP.

Dua musim bersama Yamaha, ia tampil solid. Meski setelah itu ia beralih ke Honda dengan tim satelit Gresini yang juga tampil meyakinkan setelah menang di MotoGP Turki dan Valencia.

Setelah dua musim dan tiga kemenangan dengan Honda, Melandri diambil oleh tim pabrik Ducati tahun 2008, tetapi itu terbukti menjadi langkah yang salah ketika ia terus berjuang untuk beradaptasi dengan motor yang benar-benar berbeda.

Hanya bertahan satu musim, Melandri kemudian tampil untuk Kawasaki. Proyek ini makin membuat Melandri kurang berkembang. 2010, ia kembali ke Honda sebelum pindah ke WorldSBK 2011.