Dokter yang mengoperasi bahu Marc Marquez mengatakan, juara MotoGP itu tidak akan sepenuhnya fit untuk memulai pengujian pada 2020. Pembalap Honda itu mengalami pergeseran sebagian bahu kanannya dalam kecelakaan hebat saat kualifikasi di Sepang, dan semakin memperburuknya dalam tes Jerez minggu lalu.banner-ads

Setelah itu ia mengambil keputusan untuk pergi ke meja operasi di Barcelona. Dokter Xavier Mir, yang melakukan operasi sukses dengan timnya, mengatakan ia mengharapkan Marquez dapat ikut dalam tes pertama 2020 di Sepang pada awal Februari. Tetapi menganggap sang juara tidak akan pulih sepenuhnya.

"Sulit untuk mengevaluasi. Saya pikir dia akan siap untuk tes Sepang, bahkan jika dia tidak 100 persen bugar, tetapi apa yang perlu kita coba untuk memastikan adalah bahwa, meski dia tidak ikut tes, dia akan memulai kejuaraan dengan kondisi pulih," katanya.



“Kami juga terbiasa dalam proses pemulihan cedera jenis ini untuk orang normal adalah empat bulan. Tapi bagi rider, digunakan cara untuk mengurangi waktu menjadi hampir setengahnya."

Selama operasi, Marquez disebut sebagai sosok yang ceria. Ia juga berbincang dengan perawat meski sedikit kesakitan.

Dr Mir percaya bahwa tanpa operasi ini, Marquez akan menderita dislokasi selama musim 2020.