Kepindahan Marc Marquez ke Gresini Racing di musim 2024 jadi sorotan banyak orang. Soalnya si Baby Alien memang sudah lekat banget namanya dengan Repsol Honda.banner-ads

Tapi dari sisi lomba, kepindahan ini bikin nuansa kompetitif makin terasa. Persaingan antar pembalap jadi lumayan ketat.

Berikut ini fakta soal kepindahan Marc Marquez ke Gresini Racing yang harus lo tahu:

1. Kontrak dengan Honda Selesai

Kontrak Marc Marquez di Honda Selesai
Honda sebenarnya udah ngontrak Marc Marquez sampe tahun 2024, tapi sekarang mereka berdua setuju buat nutup kontraknya tahun ini.

Baca Juga: Saat Rider MotoGP Minta Naik Gaji



Setelah 11 tahun bareng-bareng, Honda dan Marquez bakal berpisah di musim MotoGP yang akan datang. Berat pasti buat keduanya, tapi ya apa boleh buat.

2. Alasan Marquez Pindah

Alasan Marc Marquez Pindah Ke Gresini Racing
Lo juga tahu lah kalau beberapa musim terakhir Marquez dan Honda gak dapet hasil maksimal. Bahkan rider nomor 93 itu sering banget jatoh.

Marquez sudah terbuka soal alasannya pindah ke Gresini Racing. Dia bilang mau keluar dari zona nyamannya.

“Saya memilih Gresini karena ini adalah keluarga besar, mereka memiliki motor terbaik di grid saat ini, dan saudara laki-laki saya ada di sana,” katanya.

Alasan yang lebih masuk akal lainnya itu, pas Marc Marquez udah susah payah berjuang sembuh dari badai cederanya, Honda kayak gak serius melakukan pengembangan motor RC213V.

Faktor itu tuh yang bikin Marc Marquez akhirnya mau cepet-cepet cabut dari pabrikan asal Jepang itu.

3. Target Utama Marquez

Target Utama Marc Marquez di Tim Gresini
Gresini Racing gak ngasih target tinggi sebenarnya buat Marquez. Ducati cuma mau ngasih pengalaman bersenang-senang ke pembalap pemilik enam kali juara dunia itu selama balapan.

Baca Juga: Akhirnya Marc Marquez Sah Ke Gresini Racing



Mereka juga memprediksi kolaborasi Ducati dan Marquez bisa menempatkan kakak dari Alex Maruquez itu berada di klasemen atas di musim 2024.

Tapi banyak juga akhirnya yang meyakini kalau Marquez bisa aja jadi juara dunia lagi. Kalau sudah begini, Gresini Racing juga mau gak mau bakal nyodorin kontrak baru buat perpanjangan ke 2025.

4. Momen Bersejarah Gresini Racing

Momen Bersejarah Gresini Racing Rekrut Marc Marquez
Sebagai tim satelit Ducati, Gresini Racing mencetak sejarah penting. Mereka mampu menggoda sang juara dunia buat bergabung.

"Ini kayak mimpi yang menjadi kenyataan," kata Direktur Komersial dan Pemasaran Gresini, Carlo Merlini.

5. Marquez Setim dengan Adiknya

Marquez Bersaudara di Gresini Racing
Nantinya Marc Marquez bakal menjadi rekan setim adiknya sendiri, Alex Marquez, yang udah lebih dulu bergabung di Gresini Racing. Banyak kelebihan buat mereka, terutama soal komunikasi.

Tapi ada yang bilang setim sama keluarga gak selamanya enak. Soalnya ambisi Alex Marquez juga gede banget. Dia pernah bilang rekan setimnya adalah orang pertama yang mau dikalahkan.

6. Dapat Crew Chief Baru Terbaik

Marc Marquez Memiliki Crew Chief Terbaik di MotoGP
Marc Marquez bakal punya crew chief yang super berpengalaman, Frankie Carchedi. Dia sebelumnya udah jadi crew chief buat Joan Mir waktu dia juara MotoGP 2020 bareng Suzuki.

Tapi, sayangnya, Mir nggak bisa bawa crew chief lamanya ke Honda, jadi Carchedi akhirnya jadi bagian tim Gresini di musim ini.

Baca Juga: 5 Fakta Marquez Bakal Ngegas Ducati



Kombinasi antara Carchedi dan Marquez ini bisa jadi bikin deg-degan sekaligus jadi pertaruhan rider lain. Dengan bukti suksesnya bawa Joan Mir jadi juara MotoGP 2020, Carchedi diharapkan bisa bikin Marquez punya kans besar buat bersaing dalam perebutan gelar juara di musim depan.

7. Motor Ducati Marc Marquez di MotoGP 2024

Penampakan Motor MotoGP 2024 yang digunakan Marc Marquez
Ducati gak ngasih Marc Marquez motor pabrikan, yaitu Desmosedici. Dia bakal dikasih motor yang lebih tua satu atau dua tahun.

Motor baru Ducati sudah lebih dulu disiapin buat tim Lenovo dan Pramac. Nah, jadinya Gresini dan VR46 dikasih motor 2023 paling muda.

8. Deretan Prestasi Marc Marquez

Deretan Prestasi Marc Marquez Sepanjang MotoGP
Marc Marquez mengawali debutnya di kelas utama pada tahun 2013 bersama Repsol Honda, dan langsung menyita perhatian dengan memenangi gelar juara dunia MotoGP di tahun pertamanya itu.

Setelah itu, dia bikin sejarah dengan merengkuh gelar juara dunia MotoGP sebanyak 6 kali berturut-turut dari 2013 hingga 2019. Keren abis!

Selain itu, Marc Marquez juga punya banyak rekor, termasuk jadi pembalap termuda yang meraih gelar juara dunia di berbagai kelas. Kepintarannya dalam mengendalikan motor, khususnya di sirkuit-sirkuit yang sulit, menjadikannya sosok yang mengerikan di lintasan.
 

9. Rekor Baru Siap Lahir

Marc Marquez Menyatakan Rekor Baru Siap Lahir di MotoGP 2024
Marc Marquez punya potensi buat mencetak rekor serupa dengan Casey Stoner pada tahun 2007, yang berhasil jadi juara dunia MotoGP pas debut bersama tim Ducati.

Rekor itu jadi salah satu pencapaian legendaris dalam sejarah balap motor. Sejak Stoner, nggak ada pembalap lain yang bisa meraih gelar juara dunia di musim pertamanya setelah pindah ke tim Ducati.

Nggak cuma itu, bahkan Valentino Rossi, si legenda MotoGP dengan 7 titel juara dunia di GP 500 dan MotoGP, juga nggak bisa mencetak kemenangan saat balapan dengan Ducati. Jadi, bila Marquez berhasil bikin itu di MotoGP 2024, dia bakal jadi salah satu pembalap paling istimewa dalam sejarah MotoGP dan mengukir prestasi yang sulit ditandingi.

10. Tanggapan Para Rider Soal Kepindahan Marquez ke Ducati

Tanggapan Rider Terkait Kepindahan Marc Marquez dari Honda Ke Tim Gresini
Menurut Alex Marquez, sang kakak bisa lebih unjuk gigi dan menemukan semangat baru setelah lama bersama Honda. Semoga Marc bisa membuktikan kemampuannya yang luar biasa bersama tim baru dan memberikan persaingan sengit di MotoGP.

Senada dengan itu, Jorge Lorenzo bahkan yakin banget kalau Marc Marquez dan Ducati langsung nyetel. Dia malah ngejamin duet ini melahirkan gelar juara dunia.

"Saya bahkan tidak menutup kemungkinan dia bisa menjadi juara dunia jika Ducati memberinya motor yang sangat mirip dengan motor pabrikan yang dikendarai Bagnaia dan Bastianini," tutur Lorenzo.

Bagnaia, sang juara dunia Ducati 2022, antusias banget dengan pindahnya Marc Marquez ke Gresini Racing. Dia yakin data dan pengalaman Marquez bakal jadi nilai tambah bagi tim Ducati.

Untuk informasi lebih update seputar Gresini Racing follow akun sosial media Bold Riders!