Kesembuhan total Marc Marquez dari cedera emang tinggal menunggu waktu. Sang Baby Alien pun dipastikan bakal ikut balapan pembuka MotoGP pada 28 Maret Mendatang.

Banyak yang menanti aksi sang juara 6 kali MotoGP setelah musim 2020 lalu absen karena kecelakaan parah saat balapan pembuka. Dirinya pun belum lama ini tertangkap kamera sedang latihan di sirkuit Catalunya.

Namun ada yang berbeda dengan motor tunggangan Marquez pada latihan dalam rangka pemulihan tersebut. Model RC213V yang digunakannya berbeda dengan model untuk MotoGP.

Marquez mengendarai RC2123V-S pada latihan tersebut. Apa bedanya dengan versi MotoGP?


Secara desain, versi “S” dari motor yang mengantarkan Marquez juara ini mengambil inspirasi dari motor yang dikendarainya pada musim 2013 dan 2014.

Versi S dari RC213V adalah motor balap MotoGP yang didesain khusus supaya bisa beredar legal di jalanan biasa. Banyak Perbedaan terbesar dari kedua versi motor ini ada di mesinnya.

Versi S punya tenaga 159 horsepower, tenaga tersebut bisa ditingkatkan jadi 212 horsepower dengan kit khusus. Sedangkan versi untuk balap MotoGP mesinnya punya tenaga sekitar 240-250 horsepower dengan berbagai teknologi yang disematkan di dalamnya.  

Selain mesin, bagian lain seperti chassis, swing arm, bahkan kokpit motor ini dibuat serupa dengan versi MotoGP-nya.

Sudah dirilis selama 6 tahun, selama itu pula para rider menggunakannya untuk sesi latihan mandiri saat pra musim. Seperti Marquez yang sedang butuh penyesuaian setelah lama tidak mengendarai motor. Sang Baby Alien butuh latihan yang bertahap hingga dirinya bisa kembali siap memacu motornya dan kembali membalap.