Meski mencetak nol poin di putaran pembukaan MotoGP 2020, Suzuki akhirnya membangun kecepatan dan konsistensi. Bahkan dua kekuatan itu yang membawa mereka meraih gelar pembalap dan tim.banner-ads

Pemenang balapan ganda tahun lalu, Alex Rins bahkan tidak memulai Grand Prix Jerez setelah mengalami dislokasi pada bahunya saat kualifikasi. Sementara rekan setimnya Joan Mir tersingkir dari posisi ke-11 pada lap 2.

Keduanya mengklaim poin pertama mereka musim ini pada akhir pekan berikutnya. Tetapi Mir kemudian dibawa keluar di Brno dan memulai putaran pertama Red Bull Ring hanya di posisi ke-14, dengan hanya 11 dari kemungkinan 75 poin atas namanya. Rins berada di urutan kesepuluh dan hanya 8 poin lebih baik.

Konsistensi telah menjadi kata kunci selama 14 putaran. Austria adalah titik balik untuk musim Suzuki, Mir merayakan podium pertamanya di kelas premier.



Mir kemudian memenangkan gelar dengan keunggulan akhir 13 poin atas Morbidelli dan 32 di atas Rins.

"Ini tahun yang luar biasa bagi kami," kata manajer tim Suzuki, Davide Brivio.

"Kami memulai dengan tidak begitu baik di Jerez. Pada balapan pertama kami memiliki poin nol dengan kedua pembalap. Jadi kami memulai dengan lambat dan kemudian titik baliknya adalah Austria ketika Joan naik podium dan, meskipun Alex jatuh, dia hampir memimpin."

Sebelum tahun 2020, rangking tertinggi pembalap Suzuki di klasemen era MotoGP diraih oleh Maverick Vinales pada tahun 2016.

"Faktor terbesar tahun ini mungkin adalah konsistensi, karena ada banyak pembalap berbeda yang memenangkan balapan dan juga konstruktor, misalnya Yamaha memenangkan balapan lebih banyak daripada orang lain, tetapi mungkin kami dapat menjaga konsistensi. 11 kali di podium bersama pembalap kami," katanya.

"Ini merupakan musim yang aneh dan juga permainan yang sedikit berbeda menurut saya karena berkali-kali kami menjalani tiga balapan berturut-turut, yang tidak terlalu biasa kami lakukan, tapi tidak apa-apa. Terutama dari segi teknis, balapan ganda di sirkuit yang sama, yang sedikit mengubah permainan dibandingkan dengan yang biasa kami lakukan."