Akhir dekade 2010-an ditutup dengan nasib yang berbeda oleh dua mega bintang dominator sepak bola Eropa ini. Messi menutup tahun lalu dengan meraih Ballon d’Or dan mencetak gol ketika Barca memenangkan pertandingan dengan skor telak 4-1 melawan Alaves.

banner-ads

Nasib berbeda dialami Ronaldo yang di mana dirinya sedang mengincar trofi pertama musim ini bagi Juventus harus kehilangan kesempatan tersebut. Dalam pertandingan Supercoppa Italia melawan Lazio, Ronaldo dan kawan-kawan harus menyerah dengan skor 1-3. Pasukan Maurizio Sarri gak berkutik dengan serangan-serangan efektif dari pasukan arahan Simone Inzaghi.

Tapi, persaingan kedua pemain dalam meraih catatan individu gak bakal berakhir hingga salah satu dari mereka ada yang pensiun. Seperti yang lo tau bahkan keduanya mendominasi sepak bola Eropa dengan memenangkan banyak penghargaan individu setiap tahunnya.

Tapi Bro, lo penasaran gak sih siapa yang terbaik di antara mereka? Setidaknya secara statistik. Mari lihat data berikut ini.

Gol untuk klub:
Lionel Messi 522 - 478 Cristiano Ronaldo (Messi unggul)

Assist untuk klub:
Lionel Messi 205 - 140 Cristiano Ronaldo (Messi unggul)

Trofi bersama klub:
Lionel Messi 23 - 17 Cristiano Ronaldo (Messi unggul)

Gol untuk negara:
Cristiano Ronaldo 77 - 57 Lionel Messi (Cristiano unggul)

Trofi bersama tim nasional:
Cristiano Ronaldo 2-0 Lionel Messi (Cristiano unggul)

Trofi Ballon d’Or:
Lionel Messi 5 - 4 Cristiano Ronaldo (Messi unggul)

Rating rata-rata permainan di atas lapangan:
Lionel Messi 8.62 - 8.05 Cristiano Ronaldo (Messi unggul)

Skor akhir:
Lionel Messi 5-2 Cristiano Ronaldo

Meskipun punya gaya bermain yang jauh berbeda, keduanya jelas adalah mesin gol dan assist buat masing-masing klub. Sayangnya, Ronaldo masih terlihat kesulitan dengan cara bermain Juventus dan sepak bola Italia sehingga catatannya jauh di bawah catatan bermain ketika masih di Real Madrid.

Secara data statistik, Lionel Messi emang jadi pemain yang berada sedikit di atas Ronaldo. Ditambah, usianya yang hampir 3 tahun lebih muda membuat Messi masih bisa menambah catatannya ketika dirinya memutuskan untuk pindah dari Barcelona atau memutuskan pensiun.

Kalau pendapat lo pribadi, mana yang lebih baik di atas lapangan, Bro?