Yamaha mengalami masalah mekanis pada beberapa mesinnya di sepanjang akhir pekan Jerez. Valentino Rossi, Maverick Vinales dan Franco Morbidelli semuanya kena masalah itu.banner-ads

Terungkap bahwa masalah tersebut terkait dengan katup yang salah. Terbukti itu merupakan suku cadang non-homolog dan menyebabkan Yamaha melanggar dengan dikurangi poin buat konstruktor.

Yamaha mengatakan penggunaan katup non-homologasi adalah hasil dari pengawasan internal dan kesalahpahaman aturan.

"Untuk musim 2021, kami cukup percaya diri dengan mesin kami karena keandalan yang kami lihat menggunakan katup yang tepat musim ini," kata bos Yamaha, Lin Jarvis.



“Peraturan tersebut berarti kami akan terus menggunakan mesin tersebut tahun depan. Kami selalu kehilangan tenaga kuda, jadi kami bisa melakukan lebih banyak lagi. Namun kami harus menunggu hingga tahun 2022 untuk mendapatkannya, saat kami dapat mengembangkan kembali atau menggunakan pengembangan kami pada mesin baru."

Di sisi lain, Valentino Rossi merasa departemen mesin Yamaha perlu memperhatikan masalah tersebut. Meski Jarvis memperkirakan tak ada perubahan besar yang bakal terjadi.

“Kami benar-benar mengubah organisasi departemen mesin kami pada awal tahun ini. Jadi, saya tidak benar-benar mengharapkan perubahan besar di masa depan, tidak dalam waktu dekat. Tapi menurut saya kesalahan yang kita buat tahun ini dibuat sebelum awal tahun ini," katanya.

“Saya pikir dalam hal departemen mesin, jujur saja, terlepas dari kelemahan satu batch katup, sangat dapat diandalkan selama sisa musim ini. Beberapa mesin kami telah menempuh jarak 3000km, yang sangat luar biasa."