Race pembuka di sirkuit Losail, Qatar emang dipenuhi kejutan. Selain Vinales yang tak terduga bisa jadi juara pada seri tersebut, aksi Ducati menyalip Joan Mir menjelang garis finish pun mengundang decak kagum dari para penonton.

Tapi di samping kekaguman tersebut, beberapa rider merasakan berbagai masalah dengan motornya. Seperti misalnya Rossi yang mendapat settingan ban tidak sesuai hingga Morbidelli yang mengalami masalah pada bagian suspensi motornya.

Selain itu, Alex Rins mengaku kesulitan mengendalikan Suzuki GSX R1000R yang dikendarainya melaju tak semulus biasanya.banner-ads


Diakui oleh Rins, ini adalah efek dirinya lupa untuk mengaktifkan launch control sehingga kehilangan banyak momen penting di lap pertama. Rins bahkan menyesali bagaimana dirinya disusul sejak belokan pertama.

“Saya lupa menggunakan launch control, sangat sulit untuk mengontrol semua tenaga yang dikeluarkan oleh motor,”

“Setidaknya proses start tidak terlalu buruk, tapi biasanya saya bisa menyusul 2 atau 3 posisi. Sayangnya kali ini sangat sulit dan saya harus memacu motor ini lebih keras dari yang ada di depan,” ujar Rins dikutip dari Crash.

Mulainya musim balapan 2021 emang disertai  kedatangan beberapa teknologi baru buat motor para rider. Gak cuma itu, beberapa pabrikan bahkan diizinkan untuk mengembangkan mesin mereka supaya lebih baik saat berkompetisi.

Bisa jadi, apa yang dialami Rins bukan semata-mata kesalahannya, tapi merupakan sedikit imbas dari teknologi baru yang diterapkan oleh Suzuki.