Selama beberapa tahun, sejak penghentian mesin dua tak diganti dengan empat langkah yang lebih ramah lingkungan, sportsbike 250cc telah menjadi sesuatu yang aneh, di jalan dan trek.banner-ads

Kawasaki bahkan menempatkan motor di kategori itu lewat ZX-25R dengan spek mesin balap. Untuk 2020 dan 2021, sepertinya arena balap 250cc akan menjadi lebih menarik.

Tidak pernah ingin terlewatkan, Aprilia juga telah melangkah ke kategori itu. Mereka telah mengumumkan motor balap terbaru mereka, RS250 SP.

Akan dirilis pada Juni di Italian Sports Production Championship, motor itu pun kini telah diumukan secara online. Bahkan sudah ada spesifikasi harga.



Motor itu datang dengan harga yang mahal yaitu € 9.700. Tetapi melihat spesifikasinya, bisa jadi uang yang dihabiskan setara dengan yang didapatkan karena motor itu seperti punya MotoGP pemula.

Proyek ini merupakan kolaborasi antara Aprilia dan spesialis motor mini Ovale, yang telah bekerja sama untuk membuat mesin balap seri satu.

Motor itu diluncurkan sebagai upaya untuk meningkatkan bakat balap homegrown di Italia, karena negara itu telah kehabisan rider di belakang Spanyol dalam perlombaan MotoGP. Kejuaraan yang nanti bakal digelar dianggap sebagai batu loncatan yang sempurna bagi pengendara muda yang ingin pindah ke Moto3.

Dengan bobot hanya 105kg, RS250 SP membuat 28bhp dan dilengkapi suspensi Öhlins, rem Brembo, dan roda Marchesini superlight. Ini dirancang untuk dikendarai sejak usia 11 tahun.

Tidak disebutkan apakah Aprilia akan mendukung motor itu untuk dipakai di jalanan. Tapi tentu saja ada spesifikasi yang harus dipatuhi.