Setelah hengkang dari Honda, Marc Marquez akhirnya berlabuh ke Gresini Racing yang akan kembali didukung Bold Riders. Sama seperti sang adik, Marquez akan menunggangi Desmosedici GP23.

banner-ads

Ducati Desmosedici GP23 bukan sekadar motor balap, tetapi merupakan karya seni teknologi yang menggabungkan desain futuristik dengan performa tinggi.

Pada Selasa (28/11/2023), untuk pertama kalinya, Marquez mencoba motor Ducati di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Ducati yang ditungangi Marquez terlihat berwarna biru tua dengan livery berwarna merah. Nomor 93 pun terpampang di bagian depan motor tersebut.

Baca Juga: 10 Fakta Marc Marquez ke Gresini Racing, Wajib Lo Tahu!

Berikut ini spesifikasi Desmosedici GP23 yang digunakan Marquez:

1. Mesin V4 Desmodromic yang Buas

Mesin V4 Desmodromic yang Buas

Mesin Ducati Desmosedici GP23 dilengkapi dengan konfigurasi V4 yang memberikan tenaga luar biasa. Ducati Desmosedici GP23 memiliki spesifikasi mesin 1.000 cc, liquid-cooled, 90°, 4-stroke, Desmodromic DOHC, four valves per cylinder.

Sementara, Desmodromic Valve System, ciri khas Ducati, memastikan kontrol akurat terhadap gerakan katup, meningkatkan responsifitas dan meminimalkan kehilangan tenaga pada kecepatan tinggi. Mesin ini merupakan keseimbangan sempurna antara tenaga dan keteraturan pembakaran.

Mesin Desmodromic itu bisa menghasilkan tenaga buas, mencapai lebih dari 250 daya kuda. Kecepatan tertingginya bisa mencapai 350 km/jam lebih. Mesin dihubungkan dengan transmisi Ducati Seamless Transmission.

Baca Juga: Perpisahan Manis Diggia dan Gresini Racing

Sistem elektroniknya mengusung Marelli ECU yang diprogram lewat Dorna Unified Software.

2. Desain Aerodinamis yang Terus Dikembangkan

Desain Aerodinamis yang Terus Dikembangkan

Desain aerodinamis Ducati Desmosedici GP23 tidak hanya memukau mata, tetapi juga telah melibatkan penelitian mendalam dalam tunel angin. Winglets yang terintegrasi dan detail aerodinamis yang disempurnakan secara terus-menerus meningkatkan daya dorong dan stabilitas di lintasan, memberikan keunggulan kompetitif yang signifikan.

3. Bobot Motornya Hanya 157 Kg

Bobot Motornya Hanya 157 Kg

Dengan performa sebuas itu, Ducati Desmosedici hanya memiliki bobot 157 kg. Bobot yang ringan itu berkat penggunaan sasis twin spar yang bermaterial aluminium yang dikombinasi velg berbahan magnesium dari Marchesini.

Bobot Ducati Desmosedici ini pun lebih ringan kalau dibandingkan dengan motor Ninja 250, yaitu 180 Kg.

4. Suspensi Ohlins yang Terprogram dan Disesuaikan

Suspensi Ohlins yang Terprogram dan Disesuaikan

Untuk kestabilan, Ducati Desmosedici GP22 ditopang suspensi depan Ohlins dengan tabung luar karbon. Suspensi belakang juga dipasok oleh Ohlins. Suspensinya bisa diatur preload dan damping.

Sistem terprogram secara elektronik memungkinkan penyesuaian real-time, memastikan performa optimal dalam setiap kondisi balapan.

5. Bahan Bakar

Bahan Bakar

Ducati Desmosedici menggunakan Shell Racing V-Power dan oli Shell Advance Ultra 4.

6. Rem dan Ban

Rem dan Ban

Motor tunggangan Marquez ini dilengkapi dengan rem Brembo dua cakram 340 mm di depan dengan kaliper empat piston. Sementara di belakang menggunakan cakram tunggal berbahan baja dengan kaliper dua piston.

Untuk ban, Marquez akan menggunakan Michelin 17" front and rear.

Untuk informasi lebih update seputar Gresini Racing langsung follow akun sosial media Bold Riders!