Tanal Entertainment Sport & Media, yang merupakan perusahaan induk Pangeran Abdulaziz bin Abdullah Al Suad, mengumumkan telah mencapai kesepakatan dengan Tim VR46 mulai tahun 2022. Didukung oleh Saudi Aramco sebagai sponsor utamanya, tim Valentino Rossi itu akan berlomba di MotoGP dari 2022 hingga 2026.banner-ads

Kerja sama ini juga diharapkan dapat membangun strategi komunikasi antara VR46 dan Tanal Entertainment Sport & Media untuk mempromosikan proyek Saudi Vision 2030.

Siaran pers Tanal Entertainment juga mengkonfirmasi tim VR46 akan terus beroperasi di kelas Moto2 pada tahun 2022. Tim tersebut sudah lama disebut akan bergabung dengan grid MotoGP mulai 2022, mengambil slot Avintia, yang tahun ini menjadi musim terakhirnya di kelas utama.

Baca Juga: Jika Pensiun, Ini Yang Akan Dilakukan Rossi





Langkah ini semakin didorong ketika Ducati mengumumkan telah menandatangani kontrak dengan saudara Rossi, Luca Marini. Rider rookie itu bergabung dengan Avintia untuk musim 2021 dengan Desmosedici yang didukung VR46.

Masih belum jelas pabrikan mana yang akan bergabung dengan VR46 pada tahun 2022. Ada rumor referensinya adalah Suzuki, tetapi pabrikan Jepang tersebut belum secara terbuka menegaskan rencana apa pun untuk menurunkan dua GSX-RR lagi mulai tahun 2022.

Ducati baru-baru ini mengkonfirmasi pihaknya berencana untuk terus menjalankan enam motor pada tahun 2022 meskipun Avintia telah pergi. Di sisi lain, Gresini juga masih berada di MotoGP, setelah cabut dari pabrikan Aprilia.