Aturan pemakaian ECU baru pada MotoGP tentu saja bikin banyak hal berubah. Salah satunya adalah cara membalap.

banner-ads

ECU buatan Magneti Marelli bakal dipakai semua tim yang berlaga di MotoGP. ECU itu sebuah hal yang sangat baru bagi tim pabrikan yang sebelumnya memakai perangkat elektronik sendiri.

Perubahan sangat dirasakan para rider pabrikan seperti Andrea Iannone yang bernaung bersama Ducati. Menurut cowok Italia itu, ECU barunya bikin motor jadi liar.

Bisa dibayangkan, jika dulu perangkat elektronik mengatur kecepatan buka tutup gas, kini justru seperti semuanya mengandalkan tangan. Akibatnya, motor pun menjadi lebih liar.

Bagi Iannone, hal tersebut dinilai menjadi tambah seru. Roda depan Ducati GP15-nya bahkan terus mengangkat saat gas ditarik.

"Motornya lebih banyak wheelie dan lebih cepat, ini benar-benar menyenangkan. Tapi catatan waktu makin buruk, ini tidak terlalu bagus, meski rasanya nanti akan bakal ada perkembangan," katanya.