Setelah 11 tahun, Marc Marquez akhirnya memutuskan meninggalkan Honda untuk bergabung dengan tim satelit Ducati, Gresini Racing. Kepindahan Marquez itu pun menjadi salah satu momen terbesar MotoGP pada dekade ini.

Banyak rider MotoGP yang menilai MotoGP 2024 akan menjadi momen comeback-nya Marc Marquez. Bahkan, Jorge Lorenzo menilai kalau Marc Marquez bisa merebut gelar juara dunia lagi bersama Ducati.

"Tidak menutup kemungkinan dia bisa menjadi juara dunia jika Ducati memberinya motor yang sangat mirip dengan motor pabrikan yang dikendarai Bagnaia dan Bastianini," tutur Lorenzo.banner-ads

Debut Marc Marquez

Bagnaia, sang juara dunia Ducati 2022, juga mengaku antusias banget dengan pindahnya Marc Marquez ke Gresini Racing. Dia yakin data dan pengalaman Marquez bakal jadi nilai tambah bagi tim Ducati.

Selama beberapa tahun ini, Gresini Racing memang sukses mengukir banyak prestasi. Gresini mendapatkan penghargaan Best Independent Team Rider MotoGP World Championship 2022. Selain Gresini Racing, Enea Bastianini juga berhasil mengakhiri musim 2022 di peringkat ketiga klasemen. Banyak yang yakin kalau Gresini bisa membawa Marquez kembali ke posisi puncak MotoGP.

Jadinya nggak heran kalau semua orang sangat menantikan penampilan Marquez bersama Gresini Racing di lintasan balap. Nah, sebelum menyaksikan pertarungan Marquez di MotoGP 2024, simak nih persiapan Marc Marquez dan Gresini Racing di MotoGP 2024!

1. Incar Kemenangan Pertama, Merahasiakan Kemampuan Motornya

Motor Marc Marquez Desmosedici GP23

Sama seperti sang adik, Marquez akan menunggangi Desmosedici GP23.

Ducati Desmosedici GP23 bukan sekadar motor balap, tetapi merupakan karya seni teknologi yang menggabungkan desain futuristik dengan performa tinggi.

Di tes sepang, Marquez bisa saja lebih ngebut ketimbang ketimbang rider Ducati lainnya. Tapi Marquez sepertinya lebih memilih untuk menggunakan tes Sepang hanya untuk mengenal motor Ducati demi bisa menjinakkannya sebelum seri balapan perdana di Qatar nanti. Hal itu diungkapkan oleh pengamat sekaligus repoter MotoGP, Simon Crafar.

2. Penampakan Livery Marc Marquez di Gresini Racing

Penampakan Livery Marc Marquez di Gresini Racing

Pada Januari lalu Gresini Racing merilis livery terbaru mereka untuk MotoGP 2024. Kedatangan Marquez pun tak membuat Gresini mengubah image-nya. Hal itu terlihat dari livery mereka yang tidak banyak banyak berubah dengan versi 2023.

Sejak tahun 2022 Gresini memilih warna biru Pantone 2122 sebagai warna utamanya. Pantone 2122 dipilih Gresini sebagai representasi 'warna langit, udara, napas segar, serta energi bersih yang muda'.

3. Staff Official Untuk Marc Marquez di Gresini

Staff Official Untuk Marc Marquez di Gresini

Bergabung dengan Gresini Racing, Marc Marquez mendapatkan crew chief yang sangat berpengalaman yaitu Frankie Carchedi.

Frankie Carchedi adalah crew chief Joan Mir saat juara MotoGP 2020 bersama Suzuki. Di MotoGP 2023 Frankie Carchedi jadi crew chief Fabio Di Giannantonio. Karena di musim 2024, Di Giannantonio tidak bersama Gresini, Carchedi pun akan bekerja sama dengan Marc Marquez.

4. Fakta Hasil Test Marc Marquez di Gresini Racing

Fakta Hasil Test Marc Marquez di Gresini Racing

Pada November 2023, untuk pertama kalinya, Marquez mencoba motor Ducati di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Marquez pun nampak tersenyum usai menunggangi Desmosedici GP23.

Di Tes tersebut, Marc Marquez berada di posisi keempat dengan terpaut +0.171 detik dari Vinales yang berada di peringkat atas.

Pada Februari, Marquez kembali menjalani tes musim MotoGp 2024 di sirkuit Sepang Malaysia selama tiga hari. Marquez pun mengaku masih butuh waktu untuk mengenal tunggangannya.

Selama tiga hari, Marquez melahap 173 lap. Berada di peringkat enam, ia pun mencatatkan waktu terbaiknya yaitu 1’57.270.

5. Penampakan Motor Milik Marc Marquez di Gresini

Penampakan Motor Milik Marc Marquez di Gresini

Di MotoGP 2024, Marquez tidak mendapatkan motor terbaru Ducati. Marquez akan menggunakan motor yang lebih tua satu atau dua tahun.

Motor Marc Marquez Keren

Motor baru Ducati sudah lebih dulu disiapkan buat tim Lenovo dan Pramac. Nah, jadinya Gresini dan VR46 dikasih motor 2023 paling muda.

6. Menurut Kepala Kru, Performa Marc Marquez Akan Terus Meningkat

Menurut Kepala Kru, Performa Marc Marquez Akan Terus Meningkat

Marc Marquez mendapatkan hasil yang cukup positif di tes MotoGP Sepang.

Crew chief Frankie Carchedi sangat yakin pembalapnya sudah bisa beradaptasi dengan motor Ducati Desmosedici GP23 pada MotoGP 2024. Menurutnya, Marquez butuh 3-4 balapan untuk tampil kompetitif.

"Yang bisa saya katakan, seiring berjalannya musim, kami akan meningkat. Ini soal seperti apa levelnya saat 3-4 balapan awal, lalu membangun dari sana. Kemudian, Anda akan tahu seperti apa tahun ini akan berjalan," ucap Carchedi seperti dilansir dari Crash.

7. Jadwal Debut Marc Marquez di MotoGP 2024

Jadwal Debut Marc Marquez di MotoGP 2024

Marc Marquez akan melakoni debut balapannya bersama Gresini Racing di GP Qatar yang akan digelar pada 8-10 Maret 2024.

Pembalap penguji Ducati, Michele Pirro pun yakin Marquez akan langsung bertarung sejak bendera start dikibarkan di GP Qatar.

"Di MotoGP 2024, Marquez yang kembali dengan motor kompetitif. Saya berharap dia kembali ke levelnya di masa lalu dan saya yakin dia akan bertarung," ujar Pirro.

8. Marc Marquez Mulai Memahami Motor Ducati

Marc Marquez Mulai Memahami Motor Ducati

Setelah melakoni Tes Sepang, Marquez mulai mengenali tunggangannya. Di tes tersebut, Marquez melahap 173 lap.

"Saya benar-benar melakukan banyak putaran dalam tiga hari ini, bahkan pada hari pertama ketika kami mengalami beberapa masalah - yang berhasil kami tangani dan selesaikan dengan brilian. Tujuannya adalah untuk memahami sepeda motor sebaik mungkin dan kami meningkat secara bertahap," ujar Marquez.

"Saya perlu menghilangkan 11 tahun kebiasaan pada sepeda motor lain dan itu akan memakan waktu, tetapi perkembangannya bagus dan kita harus senang dengan tes pertama ini di lintasan yang sebenarnya belum pernah saya miliki," lanjutnya.

9. Disebut Pura pura Lambat sebelum Balapan MotoGP 2024

Marc Marquez Bersama Motor MotoGP 2024

Marquez disebut sengaja tampil lambat sebelum MotoGP 2024 benar-benar dimulai. Saat melakukan tes Sepang, Marquez dianggap tidak menggeber maksimal motornya.

Beberapa pihak meyakini hal tersebut bagian dari strategi Marquez. Salah satunya disampaikan mantan pembalap Grand Prix, Alex Hoffman.

Menurutnya, Marquez nggak mau menjadi favorit sebelum balapan MotoGP 2024 dimulai.

10. Marc Marquez Ungkapkan Pembalap yang Menjadi Referensi di MotoGP 2024

Valentino Rossi dan Marc Marquez di MotoGP 2024

Ada dua pembalap MotoGP yang menjadi referensi Marc Marquez, yaitu Dani Pedrosa dan Valentino Rossi.

Marc Marquez menjadikan Dani Pedrosa karena Pedrosa sebagai pembalap dengan daya juang yang tinggi di lintasan. "Saya memilih Dani Pedrosa karena dia merupakan sosok yang mau berjuang dari bawah," ujar Marquez

Meski menjadi salah satu rival, Marc Marquez tetap menjadikan Rossi sebagai referensinya.

"Saya beruntung pernah menghadapi Rossi (di lintasan). Lebih beruntung lagi karena pernah mengalahkannya. Kami bergantian saling mengalahkan. Saya cukup beruntung bisa berbagi trek dengannya untuk belajar darinya. Itu adalah tahun-tahun yang menyenangkan," jelas Marquez.

11. Bold Riders sebagai sponsor resmi Gresini Racing Team

Bold Riders sponsor resmi Gresini Racing Team

Sejak tahun 2012, Gresini Racing mendapat banyak dukungan dari brand Indonesia, salah satunya Bold Riders. Bold Riders merupakan salah satu komunitas bikers terbesar di Indonesia. Terbentuk dari 2018, yang sampai saat ini ada 600 komunitas dan 20 ribu anggota riders tersebar di seluruh Indonesia tergabung di Bold Riders, kegiatannya ada acara riders day out, riders camp, boldbadge, bold wheels project

Di musim 2024, logo Bold Riders akan terpampang di motor dan baju balap yang akan dipakai Marc dan Alex Marquez.

Logo Bold Riders yang terpampang di pembalap dan motor Tim MotoGP Gresini adalah sebuah cara bagi ribuan bikers untuk meningkatkan semangat brotherhood dan rasa memiliki terhadap komunitasnya.

Sebagai partner resmi Team Gresini Racing MotoGP, di tahun 2024 ini Bold Riders akan mengajak anggota komunitasnya untuk menjadi VIP Guest di GP Jepang dan GP Indonesia pada September & Oktober nanti.

Selain itu banyak banget pengalaman inilah yang nanti akan didapatkan komunitas Bold Riders untuk mendukung keseruan race MotoGP, seperti Team Gresini Racing Hospitality, Paddock Access, Meet and Greet MotoGP Riders, Garage Visit and Pit Lane Access dan Service Road Scooter Ride.

Untuk informasi seputar MotoGP 2024 dan Gresini Racing follow akun sosial media Bold Riders!

Baca Juga: Bold Riders Mantap Dukung Gresini Racing di MotoGP 2024