Apalagi untuk MotoGP, bahkan kalo bicara MotoGP, ubahannya itu cuma bicara milimeter. Belum lagi urusan aerodinamis, motor yang bisa melesat hingga 300 km/jam ini butuh banget yang namanya aerodinamis. Maka itu ada yang namanya winglet...
Winglet adalah sayap kecil yang ada di fairing kanan dan kiri. Kalo di mobil, sama seperti spoiler, bro. Baru di musim 2015 ini Ducati ngasih kejutan dengan memasang winglet yang berbeda dari winglet yang pernah mereka pakai beberapa tahun yang lalu.
Winglet ini sendiri diklaim bisa mencegah motor untuk wheelie saat keluar tikungan, bro. Kalo motor wheelie saat berakselerasi, kecepatan bisa dibilang jadi kurang optimal, karena traksi dengan aspal lebih sedikit.
Ducati juga jadi cukup kompetitif di musim ini, terlepas dari pengaruh winglet atau emang mesinnya yang jadi lebih baik. Di pertengahan kedua musim ini, Yamaha ternyata juga meniru Ducati dengan memasang winglet pada YZR-M1 mereka, bro.
Fungsinya sama, untuk mencegah motor melakukan wheelie. Tapi menurut kedua pembalap mereka, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, perbedaannya bener-bener dikit banget. Bahkan, Rossi lebih sering gak pakai winglet itu di motornya, bro..