Valentino Rossi merupakan rider yang punya karier panjang. Selama 26 musim jadi pembalap, Rossi memenangkan tujuh gelar kelas utama dan sembilan tropi secara keseluruhan di MotoGP, 250cc dan 125cc.banner-ads

Rossi mengumumkan dirinya pensiun di akhir musim. Pengumuman itu dibuatnya di Austria.

"Ciao untuk semuanya, saya merasa sedikit terharu. Malu di sini, saya butuh meja minimal," katanya.

Baca Juga: Rossi Ingin Akhir Cemerlang



“Saya pernah mengatakan akan mengambil keputusan untuk tahun depan setelah liburan musim panas. Saya memutuskan untuk berhenti di akhir musim jadi sayangnya ini akan menjadi musim terakhir sebagai pembalap MotoGP."



“Sulit, ini momen yang sangat menyedihkan karena sulit untuk mengatakan dan mengetahui bahwa tahun depan saya tidak akan balapan dengan motor. Saya telah melakukan ini selama kurang lebih 30 tahun sehingga tahun depan hidup saya akan berubah. Tapi bagaimanapun, itu hebat, saya sangat menikmatinya, ini adalah perjalanan yang sangat panjang dan itu sangat menyenangkan."

“Ini 25 atau 26 tahun di kejuaraan dunia. Itu hebat dan saya memiliki momen yang tak terlupakan dengan semua tim, dengan semua orang yang bekerja untuk saya. Jadi saya tidak punya banyak hal untuk dikatakan, hanya ini," pungkasnya.

Dari 414 balapan, Rossi telah meraih 115 kemenangan grand prix, dengan 89 di antaranya datang di kelas utama. Sementara total podiumnya mencapai 235 pada TT Belanda 2021.

Setelah kehilangan tempat di pabrikan Yamaha untuk tahun 2021, Rossi memilih untuk melanjutkan karirnya musim ini di Petronas SRT. Tetapi sejauh ini, Rossi menjalani musim terburuk, pembalap Italia itu hanya mencetak 19 poin dari sembilan balapan pertama.