Valentino Rossi dan rekan setimnya Maverick Vinales telah memberikan reaksi terhadap berita bahwa putaran pembukaan MotoGP 2020 Qatar tidak akan berlangsung sesuai rencana. Pembatalan itu karena wabah virus corona.banner-ads

Pembuka musim Qatar akhir pekan ini dibatalkan untuk kelas utama, dengan ronde kedua di Thailand 'ditunda' tanpa batas waktu.

Setidaknya untuk sementara, Rossi akan memulai musim grand prix ke-25 di Austin mulai 3-5 April. Namun dalam kondisi saat ini, balapan di AS juga terlihat jauh dari pasti.

"Ini benar-benar berita buruk," kata Rossi.



"Kasihan sekali, setelah menjalani latihan musim dingin, kami siap memulai musim, baik secara fisik maupun psikologis. Setelah tes di Qatar saya benar-benar ingin memulai dengan balapan pertama."

Pembatalan balapan perdana itu disebut Rossi cukup sulit. Tak cuma buat rider, penggemar juga tentu saja kecewa.

"Sekarang kita tidak tahu berapa lama kita harus menunggu sebelum kita bisa mulai balap. Ini tentu waktu yang lama, mengingat GP berikutnya di Thailand telah ditunda untuk semua kelas. Saya berharap semuanya akan menjadi lebih baik dalam beberapa minggu ke depan," harapnya.

Begitu juga dengan Vinales yang jadi rider tercepat di tes Qatar. Ia menyebut sirkuit Losail dan juga Buriram di Thailand adalah yang sangat disukainya.

"Kami menyelesaikan tes Qatar dengan perasaan yang sangat positif, jadi saya tidak sabar untuk balapan pertama. Saya juga merasa kasihan kepada para penggemar di Qatar dan Thailand, yang harus kecewa. Tetapi saya sepenuhnya memahami situasi kritis yang kita alami dengan virus corona.