Valentino Rossi mengakhiri hari pertama jelang MotoGP Portugal di tempat ke-15. Rider Petronas Yamaha itu mengalami hari yang sulit, setelah balapan ganda di Qatar yang membuatnya hanya mengklaim empat poin.

banner-ads

Rossi mengaku kesulitan karena trek setengah basah dan setengah kering. Rossi menyayangkan ketidakmampuannya tampil kuat dengan ban soft front sebagai alasan mengapa ia tidak dapat meningkatkan posisi sepuluh besar.

"Setelah time attack saya tidak kuat. Saya menggunakan soft front tapi saya sedikit bermasalah dan saya tidak bisa push 100 persen. Jadi, posisi saya tidak fantastis," tambah Rossi.

Baca Juga: Marquez Nampak Menjanjikan, Bagaimana Rossi?

Yamaha sebagai salah satu tim yang sangat berharap untuk berkembang di Portimao dibandingkan dengan hasil tahun lalu. Rossi juga ditanya tentang perasaannya di Sirkuit Algarve.

"Treknya agak kotor tapi sepertinya setiap latihan cengkeramannya akan lebih baik. Saya cukup senang dengan pengaturan motornya. Kami perlu meningkatkan pengereman karena di beberapa area saya bermasalah," tuturnya.

Kabar baik bagi Rossi adalah Maverick Vinales dan Fabio Quartararo terlihat sangat kuat selama FP1 dan FP2 pada 2021 M1. Selama pramusim Rossi menguji swingarm serat karbon, tetapi mengikuti Qatar, ia memutuskan untuk tetap menggunakan swingarm aluminium di Portugal.

"Kami mulai dari dasar balapan tahun lalu jadi ini berbeda dibandingkan dengan Qatar. Selama uji musim dingin kami mencoba swingarm karbon. Tapi di Qatar kami kembali. Tidak jauh berbeda. Karbonnya sedikit lebih kaku. Untuk saat ini kami akan melanjutkan dengan aluminium," tuturnya.