Misi awal pemerintah ngebangun sirkuit sekeren Sirkuit Mandalika adalah untuk menjadi tuan rumah salah satu balapan motor paling bergengsi di dunia—yaitu MotoGP. Udah jelas karena jadi tuan rumah ajang kebut-kebutan motor super cepet itu banyak banget untungnya, gengs. Salah satu tujuan utamanya adalah untuk menggaet wisatawan domestik maupun internasional ke kawasan tempat balapan itu diadakan, yang kemudian bisa mendorong perkembangan ekonomi dan pariwisata daerah setempat.banner-ads

Makanya, nggak heran ketika pemerintah ngebet banget menggenjot pembangunan sirkuit itu biar selesai secepet mungkin, gengs. Karena dengan terbangunnya Sirkuit Mandalika yang merupakan agenda utama dari penetapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, berarti kegiatan pengembangan ekonomi pariwisata daerah itu juga udah bisa mulai digas juga. Apalagi acara MotoGP udah tinggal beberapa bulan lagi gengs! Penasaran nggak sih bakal kayak apa?

Nah, tapi emang setelah MotoGP, Sirkuit Mandalika ini fungsinya kira-kira bakal jadi apa ya? Kita coba kulik yuk kemungkinan-kemungkinan penggunaan sirkuit ini di masa depan!

Baca Juga: Fakta Penting Spot Tikung-Menikung Di Sirkuit Mandalika



1. Jadi Tuan Rumah Balapan Keren Lain

Kemungkinan paling masuk akal dan yang emang udah pasti direncanakan pemerintah adalah penggunaan sirkuit ini untuk balapan lain. Salah satu yang paling diimpikan banyak orang adalah untuk sirkuit ini bisa jadi tuan rumah balapan Formula 1. Gimana menurut lo gengs? Mungkin nggak sih?

2. Jadi Tempat Konser

Kemungkinan lain yang banyak terjadi di sirkuit-sirkuit lain di berbagai penjuru dunia adalah jadi tempat konser atau festival. Misalnya kayak festival Rock Am Ring yang bertempat di Sirkuit Nürburgring di Jerman yang bisa menampung banyak banget penonton. Kabarnya sih, Sirkuit Mandalika bisa menampung sampai 100 ribu penonton balapan. Gede banget nggak tuh gengs

3. Jadi Tempat Trek-Trekan

Kalo ngeliat perubahan perlakuan polisi terhadap fenomena balap liar di Jakarta dengan memberikan fasilitas tempat balapan dan melegalkannya, bukan nggak mungkin nantinya Sirkuit Mandalika jadi tempat trek-trekan juga. Kebayang nggak sih gengs? Sirkuit Mandalika jadi level terakhir yang harus ditaklukkan jagoan-jagoan balap liar nasional? Pasti seru banget!

Sebenernya mungkin masih banyak kemungkinan lain, kayak mungkin tiba-tiba Sirkuit Mandalika malah jadi tempat syuting, tempat CFD, atau tempat drive-thru swab test. Siapa yang tahu? Iya nggak gengs? Tapi yang jelas, ngebayangin hal-hal tadi bikin jadi makin nggak sabar untuk tahu bakal kayak apa balapan MotoGP bulan Maret nanti!