Kita intip sisi humanis dari para pembalap MotoGP yuk! Kalau kalian mikir para pembalap motor ini hanyalah atlet yang selalu keliling dunia ke berbagai sirkuit dan tanding di motor bermesin CC besar dengan kecepatan tinggi. Ternyata mereka memiliki sisi manusiawi alami mereka yang merupakan bagian dari karakter masing-masing, lho! Pasti kalau kalian baca satu per satu akan geleng-geleng deh sama kelakuannya. Tapi wajar, ini momen kemenangan yang bersejarah dan pasti akan diingat oleh para fans MotoGP.

Di balik semua tingkah laku aneh pembalap MotoGP saat selebrasi kemenangan ternyata ada makna yang lebih dalem lho! Yuk kita kupas satu persatu selebrasi unik pembalap MotoGP 2021 berikut ini! 

1. Jack Miller 

Jack Minum Dari Sepatu!

Selebrasi Jack MIller
Bayangin, setelah 1 jam balapan terus sepatunya dilepas, diisi minuman. Jijik juga yaaa.. Tapi itu lah tradisi minum pembalap dari Austrlia satu ini. Karena memang kebiasaan minum dari sepatu ini aslinya berasal dari sejarah warga Australia, dimana meminum sampanye dari sepatu = hukuman perpeloncoan. Dari hukuman malah berubah jadi cara buat selebrasi kemenangan, kocak juga yaaa! Wkwkwkwk...

2. Jorge Lorenzo

Sirkuit Manapun yang Jorge Juara, Ditancepin Bendera!


Selebrasi Jorge Lorenzo
(Sumber: https://www.abc.net.au)

Dari jaman Lorenzo di Moto2 sampai dia juara dunia MotoGP 3 kali pada tahun 2010, 2012 dan 2015, pasti kalian udah sering nih liat dia bawa bendera dengan logonya terus dia tancapkan ke tanah setelah dia lewat garis finish. Logo yang ada di benderanya ternyata adalah logo dari fans club Lorenzo. Arti dari ritual ini adalah Lorenzo ingin menandakan sirkuit mana saja yang sudah dikuasai dan ngasih kemenangannya buat para fans yang setia ngikutin dia! Salut banget sama pembalap yang masih gak lupa sama fans sendiri! 

Ademin Badan Setelah Balapan, Berenang di Danau Dulu!


Selebrasi Jorge Lorenzo(Sumber:https://www.beritasatu.com//)

Baca Juga: Tes Terakhir Valentino Rossi di MotoGP



Sirkuit Jerez jadi salah satu momen ikonik selebrasi kemenangan Lorenzo pada tahun 2013. Jerez yang punya nama aslinya adalah Circuito de Velocidad de Jerez de la Frontera hampir selalu jadi saksi kehebatan Jorge. Dari sejak dia juara kelas 250cc pada tahun 2006 dan 2007, kemudian 2 kali di kelas MotoGP pada tahun 2010 dan 2011. Momen kemenangan di tahun 2013 jadi salah satu kebanggaan Lorenzo lagi selama karirnya. Itulah kenapa dia mau ngerayain dengan cara yang beda, yaitu dengan lompat dan berenang di danau sirkuit Jerez. Semua dilakuin dalam keadaan masih dalam baju balapan dan helm, lengkap! Hasilnya, yaaa pada saat naik podium Jorge basah kuyup banget! Wkwkwk...

3.  Valentino Rossi 

Bawa Ayam di Victory Lap


Selebrasi Valentino Rossi
(Sumber: https://www.topgear.com)

Masuk ke si legenda motor nih, Valentino Rossi. Dia punya banyak banget selebrasi unik selama karirnya dan ini yang pertama yang akan kita bahas. Dimulai dari ayam yang diajak naik motor! Eits, ga sembarangan ayam yang dibonceng Rossi. Jadi, pada tahun 1998, Rossi sempet jadi sorotan media Italia. Suatu saat, ada tempelan sponsor baru yang sama sekali gak dikenal siapapun, yaitu Osvaldo Chickens. Ternyata ini adalah sponsor palsu yang sengaja dibuat sama Vale. Pada saat dia juara GP Catalunya 1998, baru deh ketauan tuh wujud dari ayam Osvaldo yang dia ajak keliling sirkuit untuk victory lap! 

Abis Balapan Jadi Narapidana (???)


Selebrasi Narapidana Valentino Rossi(Sumber: https://www.topgear.com)

Dari selebrasi Rossi dengan Osvaldo, kita semakin tau nih kalau The Doctor emang selalu jadi sorotan media. Dan apapun yang dilakuin Rossi, pasti jadi berita. Dia dipuji setinggi langit ketika juara, tapi kalau kalah, dikritik abis-abisan sama media. Nah, karena sorotan media ini juga lah yang menginspirasi dia untuk selebrasinya di tahun 2003. Rossi merasa seperti dipenjara dengan semua perhatian dari media. Makanya pas dia juara GP Brno, Ceko 2003, dia bikin selebrasi ala narapidana yang lagi dihukum. Kira-kira medianya baper ga ya ngeliat Rossi ngerayain kayak begini? Wkwkwkwk...

Ngerayain bareng Snow White & 7 Dwarves


Selebrasi Snow White Valentino Rossi(Sumber: https://www.topgear.com)

Di sirkuit Sepang, Malaysia pada tahun 2005, Rossi berhasil dapetin gelar juara dunianya yang ke-5 di MotoGP dan gelar ke-7 kalau ditotal sama tahta dia saat di kelas 125cc dan 250cc.. Padahal di GP Sepang ini Rossi cuma finis di posisi dua, tapi secara akumulasi poin, dia udah dinobatin jadi juara dunia lagi, Gengs! Buat ngerayainnya, dia bawa 8 fans fanatiknya dia ke area sirkuit dan didandanin jadi Snow White dan 7 kurcaci! Kocak banget! 

Main Biola!


Selebrasi Main Biola Valentino Rossi
(Sumber: https://www.liputan6.com)

Terakhir, kita harus ngebahas Valentino Rossi lagi nih, Gengs. Terlalu banyak momen keren dari The Doctor. Salah satunya kemenangan dia di sirkuit Donnington Park, Inggris pada tahun 2005. Di trek yang sulit ditambah kondisi basah karena hujan, gak banyak pembalap yang bisa membawa motornya dengan baik. Kecuali Rossi, yang memang terkenal jago banget balapan di lintasan basah. Setelah melakukan start yang buruk di balapan ini, Rossi bisa melejit dan memimpin hingga finis. “Saya pikir (kemenangan) ini seperti simponi biola, sangat sempurna. Jadi, saya memutuskan akan melakukan selebrasi seperti ini (pose bermain biola) jika saya menang,” ujar Rossi, setelah balapan. Makanya, pas menjelang garis finis, Rossi berdiri di atas motornya tanpa megang stang dan bergaya ala pemain biola.

4. Marquez main biliar!


Selebrasi Main Billiard Marquez(Sumber: https://twitter.com/motogp)

Terinspirasi dari sang legenda, pembalap muda yang satu ini juga gak mau ketinggalan! Selama dia berkarir di kelas MotoGP, Marc Marquez hanya gagal 1 kali untuk menjadi juara dunia pada tahun 2015. Selain itu, juara teruuusss… Nah, untuk ngerayain gelar juaranya yang kedelapan di tahun 2019 kemarin, Marquez gak mau yang biasa-biasa aja. Dia sampe bawa meja biliar dan ngelakuin aksi masukin bola ke-8 sebagai simbol gelar juara dunianya! Niat banget! Kalau sampe dapet gelar juara kesembilan, bakalan ngapain lagi yaa Marquez?

5. Max Biaggie Wheelie Hampir Kebalik Demi Cewek!


Selebrasi Max Biaggie(Sumber: https://www.corrieredellosport.itr)

Sirkuit Brno, Ceko 1998. Max Biaggi mau ngelewatin garis finis dengan style. Caranya dengan wheelie, alias mengangkat motor hanya 1 ban. Tapi, Biaggi hampir ‘kelewatan’ pas ngelakuin ini, karena motornya hampir tegak lurus ke atas dan motor sempat goyang mau jatuh ke belakang. Momen ikonik ini Biaggi lakuin karena saingannya pada saat itu, Mick Doohan sedang memimpin klasemen. Dengan Biaggi menang di GP Brno ini, dia langsung ambil alih posisi 1 untuk jadi juara dunia. 

Ternyata ada alasan lain juga lho selain adu ngumpulin poin. Max Biaggi pengen pamer ke seorang cewek, Anna Falchi, seorang model terkenal asal Finlandia-Italia. Untung gak jatoh yaa Max, kalo gak nanti tengsin. Wkwkwkwk....