Pertahanan setiap tim terdiri dari dua lapis tembok, pertama lini serang lawan harus melalui barisan bek yang kadang terdiri dari 3-5 orang. Setelah itu, barulah tugas kiper untuk jadi palang pintu terakhir menghadang bola supaya gak masuk ke gawang mereka.

Sebagai barisan pertahanan, segala cara harus dilakukan para bek ini untuk bisa mencegah pemain lawan melalui garis pertahanan tim mereka. Bahkan gak jarang para pemain ini harus melakukan tackle keras terhadap lawan dan merelakan diri mereka diganjar kartu kuning bahkan merah.

Gak cuma melakukan tackle di lapangan, tentu aja seorang bek harus mampu menghadang bola yang masuk lewat umpan-umpan udara. Itulah mengapa duel udara kadang jadi atribut yang diperhitungkan untuk menilai kemampuan seorang pemain bertahan.

Nah berikut ini adalah 3 bek dengan yang paling tangguh ketika melakukan duel udara.

Harry Maguire
Persentase kemenangan duel udara: 90%banner-ads


Yap, lo gak salah liat. Maguire jadi salah satu bek yang paling jago melakukan duel udara untuk mempertahankan lini belakang tim. Dirinya tercatat berhasil menyelamatkan tepat 90 persen bola yang datangnya lewat umpan-umpan tinggi. Meski begitu, emang gak bisa dipungkiri kadang bek termahal di dunia ini melakukan blunder fatal yang menyebabkan kekalahan untuk Manchester United.

Berat Djimsiti
Persentase kemenangan duel udara: 95,7%


Atalanta emang jadi tim yang mengejutkan sejak dua musim lalu. Banyak banget gebrakan yang diberikan tim, asal Italia ini. Semua itu berkat kombinasi lini serang yang produktif dan juga lini belakang yang solid dalam melakukan pertahanan. Salah satu pemain yang paling berpengaruh di lini depan adalah Berat Djimsiti yang berhasil memenangkan duel udara dengan persentase 95,7%.

Kurt Zouma
Persentase kemenangan duel udara: 96,3%


Chelsea sempat terseok-seok di awal musim dan hampir selalu kebobolan dengan banyak gol. Namun belakangan tim asuhan Frank Lampard menunjukkan performa yang naik secara drastis. Salah satu pemain dengan statistik bertahan paling baik di tim adalah Kurt Zouma. Bek muda ini bahkan berhasil memenangkan lebih dari 96% duel udara yang dihadapinya!